ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI BACAAN BAHASA INGGRIS

Penulis

  • Maryatun Maryatun Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Dewi Ismu Purwaningsih Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
  • Alvina Yolanda Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat
https://doi.org/10.58466/adidaya.v1i3.1629

Kata Kunci:

Analisis Siswa, Kesulitan Membaca, deskriptif kualitatif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan membaca siswa kelas IX dan upaya apa saja yang dilakukan guru untuk mengatasinya Kesulitan membaca pada siswa kelas IX SMP di Pondok Pesantren Darudda'wah Punggur Kecil. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX dan guru kelas IX SMP di pondok pesantren Darudda'wah Punggur Kecil. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Instrumen pengumpulan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat banyak santri yang mengalami kesulitan membaca ini. Jenis-jenis kesulitan yang dialami peserta didik yaitu, peserta didik mengalami kesulitan mengenal dan memahami huruf, daya ingat yang kurang, kesulitan melafalkan bacaan bahasa Inggris, malas pada saat pelajaran bahasa Inggris, sering lupa arti bacaan bahasa Inggris, tidak membaca bahasa Inggris dengan baik, tidak begitu menikmati pelajaran bahasa Inggris. Upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan membaca peserta didik kelas IX di pondok pesantren Darudda'wah Punggur Kecil adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik dan efektif, Meningkatkan rasa percaya diri dan memberikan motivasi, serta tidak pernah menyalahkan kondisi yang dialami peserta didik, dan memberikan program remedial membaca kepada peserta didik kelas IX di pondok pesantren Darudda'wah Punggur Kecil.

Referensi

Abdurrahman, Mulyono. Children with Learning Disabilities: Theory, Diagnosis, and Remediation. Jakarta:

Burnes, Don. Glenda Page. 1985. Reading Insights and Strategies. Erlina.2020.Teachers’ Efforts to Increase Reading Interest in Class IV Students of

Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Jambi City. Faculty of Tarbiyah and Teacher Training State Islamic University.

Fauzi.2018 .Characteristics of Difficulty Learning to Read in Elementary School Low Grade Students.Online Journal.

Intan Sarsabila. 2020. Analysis of difficulties in reading comprehension of early third grade students at SDN Pondok Serpong Utara, January 4. Paper. Faculty of Teacher Training and Education. Muhammadiyah University Tangerang.

Kasiyun, Suharmono.2015. Efforts to Increase Interest in Reading as a Means to Educate the Nation. Indonesian Pena Journal (JPI).. Vol1 1,Hal.83

Kurniasih, dkk. 2021.Increasing Early Childhood Confidence Through Morning Journal Activities. Journal of Early Childhood Education .Vol 5, Hal 2250-2253

Tafano, Talizaro.2018.The role of learning media in increasing students' interest in learning.Journal of Educational Communication. Volume 2 (2), p. 103-114.

Udiyanasari, Kusna Yulinda. 2019. Overcoming reading comprehension problems begins with second grade children with reading disabilities at SDN Manahan Surakarta. Online journal. Volume 3 (1), pages 42-43.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-01

Cara Mengutip

Maryatun, M., Ismu Purwaningsih, D. ., & Yolanda, A. . (2024). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI BACAAN BAHASA INGGRIS. ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1(3), 44-47. https://doi.org/10.58466/adidaya.v1i3.1629

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama