ANALISIS KESULITAN PENGUASAAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SMPI DARUDDA'WAH PUNGGUR
Kata Kunci:
Difficulties, Speaking Skills, Qualitative research, Kesulitan, Keterampilan Berbicara, Penelitian kualitatifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan yang dihadapi oleh siswa kelas delapan di SMPI Darudda’wah Punggur dalam menguasai keterampilan berbicara bahasa Inggris serta faktor-faktor yang menyebabkannya. Studi ini menggunakan teori Penny Ur untuk mengidentifikasi kesulitan spesifik yang dihadapi siswa dalam berbicara, termasuk hambatan, kekurangan topik untuk dibahas, partisipasi yang tidak merata, dan ketergantungan berlebihan pada bahasa ibu mereka. Untuk mengungkap penyebab mendasarnya, penelitian ini menggunakan teori Jaya yang menekankan faktor internal dan eksternal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan semua siswa kelas delapan di SMPI Darudda’wah Punggur sebagai subjek. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara, dan data dianalisis menggunakan kerangka kerja Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, tampilan data, dan kesimpulan. Teknik triangulasi sumber digunakan untuk memastikan validitas data. Temuan menunjukkan bahwa kesulitan utama yang dihadapi siswa meliputi hambatan (merasa bingung, takut membuat kesalahan, takut diejek, dan tantangan dengan kosakata serta tata bahasa), tidak tahu apa yang harus dikatakan karena keterbatasan kosakata, partisipasi yang tidak merata akibat kurangnya minat, dan penggunaan bahasa ibu yang sering. Faktor internal seperti motivasi rendah, kemampuan kognitif yang lemah, dan kurangnya rasa percaya diri, bersama dengan faktor eksternal seperti dukungan sosial yang terbatas, metode pengajaran yang kurang interaktif, dan kurangnya kesempatan untuk berlatih bahasa Inggris, berkontribusi pada kesulitan ini. Faktor-faktor ini secara keseluruhan menghambat siswa dalam menguasai keterampilan berbicara bahasa Inggris mereka.
Referensi
Afandi, S. W. (2020). Investigating English Speaking Problems: Implications for Speaking Curriculum Development in Indonesia. European Journal of Educational Research, 9(3), 967 - 977.
Baker, J. a. (2003). Essential Speaking Skills: A English Language Teachers. London: Continum.
Bogdan, R. a. (1975). Introduction to Qualitative Research Methods: A Phenomenological Approach to the Social Sciences. New York: Wiley.
Brown, H. (2000). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy(2nd ed). Longman.
Brown, H. (2001). Language Assessment Principles and Classroom Practice. London: Longman.
Brown, H. (2003). Language Assesment Principles and Classroom Practices. San Francisco: Longman.
Celce Murcia, M. L. (1999). The Grammar Book:An ESL/EFL Teachers' Cousre. Boston: MA: Heinle and Heinle.
Chens‟. (2009). A pilot study od some ROCMA Cadets’ difficulties in English speaking. Http://docplayer .net>21472786-A-pilot study od some rocmacadest‟ difficulties in English speaking.
Creswell, J. (2014). Research Design: Qualitative,Quantitative,and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks,CA: Sage Publications.
Dörnyei, Z. (2001). Teaching and Researching Motivation. Longman.
Gay, L. A. (2005). Educational Research: Competencies for Analysis and Applications(9th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.