PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MESIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DESAIN GAMBAR MESIN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 12 KOTA BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.58466/adidaya.v2i3.1959Kata Kunci:
Pengembangan instrumen penilaian, Gambar Teknik Mesin, HOTSAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah instrumen penilaian gambar teknik mesin yang berbasis HOTS yang valid dan reliabel serta untuk mengukur sejauh mana kemampuan para siswa SMK dalam 4C (Communication, Collaborative, Critical Thinking and Creativity) pada mata pelajaran gambar teknik mesin. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan dan revisi produk akhir. Distribusi nilai poin dari hasil jawaban siswa kelas X DGM pada pertannyaan yang telah di berikan yaitu hasilnya rata rata nilai 21,17 dari 25 poin, nilai tengah atau median dari data tersebut adalah 21 dari 25 poin dan rentang nilai dari data di atas adalah 16-25 poin. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa instrument penilaian HOTS yang berupa 30 soal yang terdiri dari 25 pilihan ganda dan 5 uraian, dari telaah kisi kisi soal sebesar (89,4%). Dari aspek materi, Bahasa dan kontruksi untuk soal pilihan ganda yaitu (86,9%) dan untuk soal uraian yaitu (88,2%) dinyatakan valid dengan kategori layak oleh ahli. Hasil uji coba terdapat 30 soal yang dinyatakan valid dengan nilai reliabilitas untuk soal pilihan ganda 0.796 dan soal uraian 0,657. Pada pengujian daya beda butir soal pilihan ganda berada pada kategori cukup dengan jumlah soal yaitu 11 soal (44%) dan untuk kategori baik sejumlah 14 soal (56%) dan soal uraian berada pada kategori sangat baik dengan jumlah soal yaitu 5 soal (100%). Untuk hasil belajar mengalami peningkatan yaitu dari rata rata nilai 77,25 menjadi 83,09.
Referensi
A. Rahman Rahim, A. Sukri Syamsuri, and I. Moncongjai Kabupaten Maros, “ANALISIS INSTRUMEN TES HASIL BELAJAR BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS),” vol. 1, no. 3, p. 88, 2021.
I. Pratiwi and N. Hayati, “Pengembangan Instrumen Pengukuran kemampuanan Kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika Kelas X SMA,” vol. 1, no. 1, pp. 19–30, 2023, [Online]. Available: www.oecd.org,
L. A. Purwasi and N. Fitriyana, “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS),”
AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 9, no. 4, p. 894, Dec. 2020, doi: 10.24127/ajpm.v9i4.3172.
S. Aisah and T. Pahlevi, “Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Korespondensi Kelas X OTP di SMK Negeri 1 Jombang,” 2020. [Online]. Available: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap
A. Rusdianto, A. Susanta, and A. Muktadir, “PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING (HOT) PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR,” vol. 3, no. 1, pp. 1–19, 2020.
I. Ferdiansyah, S. Hidayat, dan Suhendar, U. Sultan Ageng Tirtayasa Jl Raya Jakarta Km, and P. KecCipocok Jaya Kota Serang Banten, “PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HOTS PADA MATA PELAJARAN IPA
KELAS V SD,” 2023. [Online]. Available: http://ejohttp://Jurnal.uika- bogor.ac.id/index.php/
K. Khasanah and M. Mistinurasih, “DEVELOPMENT OF AUTHENTIC
ASSESSMENT INSTRUMENTS OF OBSERVATION REPORT WRITING
SKILLS,” Akademika, vol. 12, no. 01, pp. 163–181, Jun. 2023, doi: 10.34005/akademika.v12i01.2659.
I. Kholilah, M. Kris, and Y. Hidayatulloh, “Third Conference on Research and Community Services STKIP PGRI Jombang Berinovasi di Masa Pandemi ‘Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Era Kampus Merdeka-Merdeka Belajar’ PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HOTS DALAM KONTEKS MERDEKA BELAJAR,” 2021.
I. Kholilah, M. Kris, and Y. Hidayatulloh, “Third Conference on Research and Community Services STKIP PGRI Jombang Berinovasi di Masa Pandemi ‘Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Era Kampus Merdeka-Merdeka Belajar’ PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN HOTS DALAM KONTEKS MERDEKA BELAJAR,” 2021.
D. A. Calista, R. Rusijono, and U. Dewi, “PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS GEOMETRI BANGUN RUANG,” Akademika, vol. 11, no. 01, pp. 23–31, Jun. 2022,
doi: 10.34005/akademika.v11i01.1907.
D. Eka Amrina, D. Hasmidyani, E. Mardetini, and J. Edueco, “PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HOTS BERBANTU APLIKASI THAT QUIZ,” 2025.



Jurnal ini telah diindeks oleh :
