DESAIN PERKULIAHAN BAHASA INDONESIA BERBASIS HOTS (HINGER ORDER THINKING SKILLS) UNTUK MAHASISWA VOKASI

Penulis

  • Degita Danur Suharsono Politeknik Negeri Jember
https://doi.org/10.58466/adidaya.v1i1.1435

Kata Kunci:

perkuliahan bahasa Indonesia, HOTS, mahasiswa vokasi

Abstrak

Pendidikan vokasi bertujuan menyiapkan mahasiswa yang berkompeten dalam disiplin ilmu yang dipilih. Sebagai upaya untuk mencapai tujuan tersebut, sistem perkuliahan mahasiswa vokasi memadukan pengetahuan, keterampilan, dan etika dengan menitikberatkan pada praktek dibandingkan teori. Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah wajib umum (MKWU) di perguruan tinggi yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa. Mahasiswa vokasi membutuhkan sistem perkuliahan berbasis Hinger Order Thinking Skills (HOTS) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, analitis, dan kreatif sebagai upaya persiapan memasuki dunia kerja. Oleh karena itu, perlu dikembangkan desain perkuliahan bahasa Indonesia berbasis HOTS bagi mahasiswa vokasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain perkuliahan bahasa Indonesia berbasis Hinger Order Thinking Skills (HOTS) untuk mahasiswa vokasi. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian pengembangan. Makalah ini memaparkan hasil pengembangan produk berupa desain perkuliahan bahasa Indonesia berbasis HOTS untuk mahasiswa vokasi. Hasil penelitian pengembangan ini berupa Rencana Pembelajaran Semester yang meliputi capaian pembelajaran, materi pembelajaran, scenario pembelajaran, dan rencana tugas mahasiswa. Dengan demikian, hasil penelitian pengembangan ini dapat digunakan sebagai pilihan desain perkuliahan bahasa Indonesia untuk mahasiswa vokasi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-01

Cara Mengutip

Danur Suharsono, D. (2024). DESAIN PERKULIAHAN BAHASA INDONESIA BERBASIS HOTS (HINGER ORDER THINKING SKILLS) UNTUK MAHASISWA VOKASI. ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.58466/adidaya.v1i1.1435

Terbitan

Bagian

Artikel