ANALISIS DAYA DUKUNG TANAH TERHADAP TIANG PANCANG BERDASARKAN DATA HASIL KALENDERING
Kata Kunci:
Daya Dukung, Metode Hiley, kalendering, WIKAAbstrak
Jembatan di Ruas Jalan Siduk-Ketapang merupakan jalan Provinsi yang kewenangan pembinaan dan pengawasannya berada di bawah pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang memerlukan pemeliharaan agar dapat berfungsi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kapasitas daya dukung tanah terhadap tiang pancang (spun pile), kapasitas daya dukung kelompok tiang pancang, mengetahui perbandingan kapasitas daya dukung tanah terhadap tiang pancang berdasarkan data hasil kalendering antara metode WIKA dan Hiley. Lokasi penelitian berada di Jalan Siduk-Ketapang khususnya pada Jembatan Siduk 3 Kecamatan Matan Hilir Utara, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Perhitungan daya dukung tanah terhadap tiang pancang menggunakan 2 metode, yaitu WIKA dan Hiley. Berdasarkan dua metode tersebut, diperoleh nilai terbesar dari metode WIKA pada titik tiang pancang 9 yaitu sebesar 191,625 ton dan nilai terbesar dari metode Hiley pada titik tiang pancang 9 yaitu sebesar 170,334 ton. Hasil perhitungan kapasitas daya dukung tiang pancang tunggal dapat dilakukan analisis kapasitas daya dukung kelompok tiang pancang dengan efisiensi tiang menggunakan metode Los Angeles 0,8 % maka didapatkan hasil dari metode WIKA sebesar 2.146,2 ton, sedangkan pada metode Hiley sebesar 1.907,7 ton
Referensi
Z. T. . Maksum, “Analisis Perhitungan Kapasitas Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang diameter 50 cm pada Proyek
Bangunan Koleza 9 Residence PT. Wilmar Percut Sei Tuan- Medan,” Universitas Sumatera Utara, 2016.
R. P. Munirwan and F. Mufid, “Analisis Daya Dukung Axial Pondasi Tiang Pancang dengan menggunakan Metode
Kalendering Hasil Uji Pile Driving Analyzer,” Teras J., vol. 12, no. 1, pp. 93–102, 2022.
S. Syahrul, “Korelasi Kalendering dan Pile Driving Analyzer pada Daya Dukung Substruktur Tiang Pancang Jembatan
Encahaq Kutai Barat,” J. Sebatik, vol. 26, no. 1, pp. 182–193, 2022, doi: 10.46984/sebatik.v26i1.1891.
M. A. Sagita and F. Fahriani, “Analisis Perbandingan Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Menggunakan Hasil Uji SPT
dan Uji Beban Dinamis pada Proyek Penggantian Jembatan Baturusa,” in Seminar Penelitian dan Pengabdian pada
Masyarakat, 2020, pp. 8–9.
Y. Farnetta, B.A.V., & Risdianto, “Analisis Daya Dukung Spun Pile pada Proyek Pembangunan Jalan Lingkar Luar Barat
(JLLB) Surabaya,” J. Rekayasa Tek. Sipil, vol. 4, no. 2, pp. 1– 14, 2022.
A. Riswiyanto, “Sudy Analisis Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang berdasarkan Data Sondir dan Data Kalendering pada
Bangunan Gedung Asrama BLK Provinsi Kalimantan Timur,” J. Keilmuan dan Apl. Tek. Sipil, vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2019.
H. Lukman, “Rasio Daya Dukung Tiang Pancang Berdasarkan Hasil Kalendering,” J. Tek. (Majalah Ilm. Fak. Tek. UNPAK),
vol. 18, no. 1, pp. 51–57, 2017.
J. . Bowles, Analisis dan Desain Pondasi, Keempat. Jakarta: Erlangga, 1993.
P. L. J. dan Jembatan, Pedoman Pemilihan Alat Pemancang Tiang Fondasi Jembatan. Jakarta: Kementerian Pekerjaan
Umum dan Perumahan Rakyat, 2015.
B. Surendo, Rekayasa Fondasi (Teori dan Penyelesaian Soal). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2015.
F. Yusti, A., & Fahriani, “Analisis Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Diverifikasi dengan Hasil Uji Pile Driving
Analyzer Test dan CAPWAP,” J. Profil Forum Prof. Tek. Sipil, vol. 2, no. 1, pp. 19–31, 2014.