Evaluasi Kinerja dan Kelayakan Bundaran Kauman dengan Metode MKJI 1997

Penulis

  • Okta Raqib Politeknik Negeri Ketapang
  • M.Hanif Faisal Politeknik Negeri Ketapang
  • Firmanilah Kamil Politeknik Negeri Ketapang
https://doi.org/10.58466/rigid.v1i1.1181

Kata Kunci:

bundaran, kinerja, MKJI 1997

Abstrak

Studi kasus di bundaran Kauman pada hakikatnya dilatar belakangi oleh kinerja simpang, ramainya arus lalu lintas yang terjadi menyebabkan kemacetan terutama pada jam-jam sibuk, sehingga perlu mendapat perhatian lebih lanjut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh simpang tak bersinyal dengan bundaran terhadap kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan dan peluang antrian yang terjadi pada bundaran Kauman, serta bagaimana Tingkat Pelayanan Jalan (Level Of Service/LOS) di lokasi tersebut. Metode penelitian dalam pengambilan data adalah pengamatan secara langsung di lapangan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari pengamatan langsung
di lapangan, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi terkait. Dasar penyelesaian atau analisa data menggunakan persamaan yang terdapat pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997 untuk mengetahui nilai kinerja dan kelayakan bundaran Kauman serta tingkat pelayanannya. Adapun hasil analisis menunjukkan bahwa nilai kinerja (DS) pada jalinan AB, BC,CD, dan DA masing-masing adalah 0,30;0,39;0,26; dan 0,38. Tingkat kelayakan Bundaran Kauman masih baik dalam melayani arus lalu lintas dikarenakan nilai derajat kejenuhan pada masing-masing jalinan kurang dari 0,75. Sedangkan tingkat pelayanan pada semua jalinan mempunyai nilai B

Referensi

Sudibyo, Tri, Erizal, Purwo Mahardi, Muhammad Fauzan dan Heriansyah Putra. 2019. Analisis Kinerja Rencana Bundaran Dengan Pendekatan Simulasi Mikro. Jurnal Teknik Sipil. Jurnal Vol.04 No.03.

Anwar, Rosehan. 2012. Analisis Bundaran Pada Simpang Empat Jalan A. Yani KM 36 Di Banjar baru. Jurnal Info Teknik. Jurnal Vol.13 No.1.

Dharmawan, Weka Indra, Hanif Syahroni. 2016. Analisa Kinerja Bundaran Menggunakan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) (Studi Kasus : Bundaran Radin Inten Bandar Lampung). Jurnal Konstruksia. Jurnal Vol.7 No.2.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum.

Dirjen Bina Marga. 1990. Panduan Survey dan Perhitungan Waktu Perjalanan Lalu Lintas. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Dirjen Bina Marga.1990. Petunjuk Tertib Pemanfaatan Jalan. Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum.

Dirjen Bina Marga. 2009. Prosedur Operasional Standar Survey Lalu Lintas. Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum.

Badan Pembinaan Konstruksi dan Sumber Daya Manusia. 2005. Rekayasa Lalu Lintas. Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-01-10

Cara Mengutip

Raqib, O., Faisal, M., & Kamil, F. (2022). Evaluasi Kinerja dan Kelayakan Bundaran Kauman dengan Metode MKJI 1997. Journal of Research and Inovation in Civil Engineering As Applied Science (RIGID), 1(1), 13-17. https://doi.org/10.58466/rigid.v1i1.1181

Terbitan

Bagian

Artikel