Journal of Research and Inovation in Civil Engineering as Applied Science (RIGID) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/rigid <p>Journal Of Research and Inovation in Civil Engineering as Applied Science (RIGID) di https://jurnal.politap.ac.id/index.php/rigid merupakan jurnal blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu Teknik sipil dan ilmu yang relevan .Artikel yang dipublikasikan di Jurnal RIGID meliputi hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama), sedangkan untuk artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (bukan prioritas utama) dan juga komentar yang bersifat kritikan terhadap hasil tulisan ilmiah yang dipublikasi oleh jurnal RIGID . Semua publikasi di jurnal RIGID bersifat akses terbuka yang memungkinkan artikel tersedia secara bebas online tanpa berlangganan apapun. Journal Of Research and Inovation in Civil Engineering as Applied Science (RIGID): Jurnal Teknik Sipil terbit 2 kali dalam setahun, setiap bulan Januari dan Agustus.</p> id-ID rigid.jurnal@politap.ac.id (firmanilah kamil) rigid.jurnal@politap.ac.id (kamil) Fri, 31 Jan 2025 07:57:34 +0000 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Analisis Sistem Manajemen Mutu pada Proyek Pembangunan Gedung Perkuliahan UPI Kampus Tasikmalaya https://jurnal.politap.ac.id/index.php/rigid/article/view/1722 <p>Penelitian ini menganalisis penerapan sistem manajemen mutu pada proyek pembangunan gedung perkuliahan UPI kampus Tasikmalaya. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif berbasis analisis dokumen, penelitian ini mengevaluasi tingkat kesesuaian sistem manajemen mutu dengan standar ISO 9001:2015 serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat penerapannya. Data sekunder, seperti spesifikasi teknis, rencana proyek, dan dokumen mutu, dianalisis secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar elemen sistem manajemen mutu telah sesuai dengan standar ISO 9001:2015, khususnya dalam dokumentasi rencana mutu dan pengendalian penyedia eksternal. Namun, pelaksanaan audit internal memerlukan perbaikan untuk meningkatkan pengendalian mutu secara keseluruhan. Hambatan utama mencakup ketergantungan pada pemasok eksternal, keterlamabatan persetujua pengawas, dan kurangnya inspeksi lapangan yang terstruktur. Sebalinya, spesifikasi tekis yang rinci, material bergaransi dari pemasok resmi, dan struktur tim proyek yang jelas menjadi faktor pendukung signifikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan sistem audit internal yang menyeluruh dan inspeksi lapangan terstruktur dapat mengoptimalkan manajemen mutu. Rekomendasi mencakup diversifikasi pemasok material, penyederhanan proses persetujuan, dan peningkatan pemantauan mutu secara rutin.</p> Nazar Caesar Ramadhan, Danny Meirawan Hak Cipta (c) 2025 Journal of Research and Inovation in Civil Engineering as Applied Science (RIGID) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/rigid/article/view/1722 Fri, 31 Jan 2025 00:00:00 +0000 Pengaruh Pecahan Genteng dan Keramik sebagai bahan Pengganti Semen terhadap Kuat Tekan https://jurnal.politap.ac.id/index.php/rigid/article/view/1723 <p>Dalam suatu proyek konstruksi, seringkali genteng dan keramik yang mengalami keretakan (pecah) terbuang menjadi limbah konstruksi. Selain itu, kegiatan pembongkaran rumah juga menghasilkan pecahan genteng dan keramik yang tidak dimanfaatkan kembali. Belum ada yang melakukan penelitian dimana limbah tersebut digunakan sebagai bahan pengganti semen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pecahan genteng dan keramik sebagai bahan pengganti semen terhadap nilai kuat tekan beton. Metode eksperimen digunakan dalam penelitian ini. Observasi dilakukan di Laboratorium struktur dan bahan, Politeknik Negeri Ketapang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pemanfaatan pecahan genteng dan keramik sebagai bahan pengganti semen dengan variasi persentase 5% genteng, 5% keramik, 5% genteng dan keramik, serta 10% genteng dan keramik pada beton berpengaruh terhadap nilai kuat tekannya. Semakin besar persentase penggunaan pecahan genteng dan keramik dalam campuran beton, maka nilai kuat tekan pada beton akan semakin menurun. Kuat tekan rata-rata beton pada umur 7 hari antara beton normal dan beton variasi pesentase 5% genteng, 5% keramik, 5% genteng dan keramik, serta 10% genteng dan keramik memiliki perbandingan nilai sebesar 12,76 MPa, 12,03 MPa, 12,16 MPa, dan 11,03 MPa. Kuat tekan beton rata-rata estimasi umur 28 hari memiliki perbandingan nilai sebesar 19,00 MPa, 18,51 MPa, 18,71 MPa, 17,43 MPa, dan 16,97 MPa.</p> Devi Rosalia, Julyan Purnomo, Nur Aida Hak Cipta (c) 2025 Journal of Research and Inovation in Civil Engineering as Applied Science (RIGID) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/rigid/article/view/1723 Fri, 31 Jan 2025 00:00:00 +0000 Analisis Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) dengan Mutu Beton Fs’45 terhadap Kuat Tekan dan Lentur https://jurnal.politap.ac.id/index.php/rigid/article/view/1726 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan beton mutu FS 45 pada perkerasan kaku (<em>rigid pavement</em>) dalam rekonstruksi ruas Jalan Baros-Petir. Beton FS 45, dengan kuat tekan minimum 45 MPa dan kuat lentur 5–6 MPa, dirancang untuk menangani beban lalu lintas berat, khususnya kendaraan berat seperti truk. Pengujian melibatkan analisis kuat tekan dan lentur beton menggunakan sampel silinder berdiameter 150 mm dan tinggi 300 mm serta balok berukuran 150 mm x 150 mm x 600 mm pada umur 7 dan 28 hari. Proses pencampuran beton mengacu pada formula desain (Design Mix Formula) dengan proporsi material yang disesuaikan untuk memastikan kekuatan optimal. Hasil menunjukkan bahwa beton FS 45 memiliki kuat tekan rata-rata sebesar 42,81 MPa dan kuat lentur rata-rata sebesar 5,5 MPa, memenuhi standar mutu minimum yang disyaratkan, yaitu masing-masing 39,7 MPa dan 4,4 MPa. Beton ini terbukti memberikan daya tahan tinggi terhadap beban lalu lintas berat, meningkatkan umur layanan perkerasan, dan mengurangi biaya pemeliharaan jangka panjang. Faktor-faktor seperti kondisi tanah dasar, drainase, dan proses konstruksi diidentifikasi sebagai elemen penting dalam keberhasilan implementasi perkerasan kaku. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan infrastruktur transportasi yang lebih tahan lama dan efisien, terutama pada jalan-jalan dengan intensitas lalu lintas tinggi.</p> Riki Setiawan, Odih Supratman Hak Cipta (c) 2025 Journal of Research and Inovation in Civil Engineering as Applied Science (RIGID) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/rigid/article/view/1726 Fri, 31 Jan 2025 00:00:00 +0000 Analysis and Design in Kuningan Regency https://jurnal.politap.ac.id/index.php/rigid/article/view/1733 <p>Kuningan Regency is one of the areas that has tourism potential with mountainous geographical conditions with various natural beauties and natural springs. Therefore, Kuningan Regency requires good and planned management in order to achieve optimal results. One of the supporting facilities for tourism in Kuningan Regency is road access that must be developed.</p> <p>In supporting the Government Program related to Regional Development Potential and in accordance with the Regional Spatial Plan of Kuningan Regency Year 2011-2031 regarding the development of road networks to support the tourism sector. So it is necessary to plan road development, which is intended to facilitate relations from one region to another. Where the Road Network has a very important function, namely as a transportation infrastructure in the accessibility and mobility of goods and services which is the lifeblood for encouraging economic growth, social, cultural and national stability, as well as efforts to equalize and spread the building.On the horizontal alignment of the Sukadana Kuningan - Karangwuni Cirebon road section there are 8 bend points. Including 6 Full-Cricle bend points and 6 Spiral-Circle-Spiral bend points. The vertical alignment of the Sukadana Kuningan - Karangwuni Cirebon road section has 22 arch points consisting of 11 concave vertical points and 13 convex vertical points. Making vertical arches aims to balance the number of excavations and embankments at the existing location. The amount of excavation in this road section plan is 530656.5m3 while the amount of embankment is 1859787.22m3.. The type of pavement used is flexible pavement with a thickness of 40 cm top grade LPA, 6 cm AC-BC and 4 cm AC-WC. There is 1 bridge with a length of 80 m. The construction of the Ciawigebang Ring Road section in Kuningan Regency costs Rp. 351,385,080,000.00, - (THREE HUNDRED FIVE HUNDRED ONE MILLION THREE HUNDRED EIGHTEEN THOUSAND FIVE MILLION EIGHT HUNDRED THOUSAND</p> <p>THOUSAND RUPIAH). and can be completed within 1 year.</p> Ghilang Alfy Taruna, Mira Lestira Harianti Hak Cipta (c) 2025 Journal of Research and Inovation in Civil Engineering as Applied Science (RIGID) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/rigid/article/view/1733 Fri, 31 Jan 2025 00:00:00 +0000 Road Damage Analysis Using PCI Method https://jurnal.politap.ac.id/index.php/rigid/article/view/1736 <p><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> <p><em>Problematic road infrastructure or pavement due to heavy and repeated traffic volume will cause a decrease in road quality. One of the road damage problems occurred on the Babakan - Pabuaran road section, Cirebon Regency. In this case, the condition survey is carried out visually and then analyzed using the Pavement Condition Index (PCI) method. From the results of data on the condition of the Babakan - Pabuaran road of Cirebon Regency along 3 km and 5 m wide with bending pavement, it can be seen that the more dominant type of damage is the 83.37 m² Basin, 57.27 m² Grain Release, 31.15 m² Hole, 27.08 m² Slippery Aggregate, 21.33 m² Crocodile Skin Crack and 14.92 m² Amblas. The Pavement Condition Index (PCI) value of bending pavement on the Babakan – Pabuaran road section of Cirebon Regency is 41.53 of these figures in the condition of the road section in the Fair category. Based on PCI values, it shows that the percentage of handling road conditions obtained is good, no handling is needed by 14%, rehabilitation by 14%, maintenance by 26% and reconstruction by 46%.</em></p> Rossy Indah Lestari, Martinus Agus Sugiyanto Hak Cipta (c) 2025 Journal of Research and Inovation in Civil Engineering as Applied Science (RIGID) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/rigid/article/view/1736 Fri, 31 Jan 2025 00:00:00 +0000