https://jurnal.politap.ac.id/index.php/rigid/issue/feed Journal of Research and Inovation in Civil Engineering as Applied Science (RIGID) 2025-09-19T08:26:20+00:00 firmanilah kamil rigid.jurnal@politap.ac.id Open Journal Systems <p>Journal Of Research and Inovation in Civil Engineering as Applied Science (RIGID) di https://jurnal.politap.ac.id/index.php/rigid merupakan jurnal blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu Teknik sipil dan ilmu yang relevan .Artikel yang dipublikasikan di Jurnal RIGID meliputi hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama), sedangkan untuk artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (bukan prioritas utama) dan juga komentar yang bersifat kritikan terhadap hasil tulisan ilmiah yang dipublikasi oleh jurnal RIGID . Semua publikasi di jurnal RIGID bersifat akses terbuka yang memungkinkan artikel tersedia secara bebas online tanpa berlangganan apapun. Journal Of Research and Inovation in Civil Engineering as Applied Science (RIGID): Jurnal Teknik Sipil terbit 2 kali dalam setahun, setiap bulan Januari dan Agustus.</p> https://jurnal.politap.ac.id/index.php/rigid/article/view/1948 Desain Perbaikan Perkerasan Kaku Akses Jalan PPKP dengan Metode AASHTO dan ESAL 2025-09-18T14:13:27+00:00 Joshua Henry Frankestein Apituley joapituley@gmail.com Muhammad Tegar Wijaya tegar.trbu3@poltekbangplg.ac.id Viktor Suryan viktor@poltekbangplg.ac.id <p>Jalan di depan program studi pemadam kebakaran Politeknik Penerbangan Palembang mengalami kerusakan serius berupa retak melintang dan amblas berukuran 4,6 x 4,6 meter. Kerusakan ini disebabkan oleh frekuensi lintasan mobil foam tender yang berat saat praktik, sehingga mengganggu operasional dan membahayakan keselamatan pengguna. Kondisi ini menunjukkan perlunya perkerasan jalan yang mampu menahan beban dinamis tinggi di area terbatas. Penelitian ini bertujuan merancang ulang lapisan perkerasan kaku halaman Gedung PPKP Poltekbang Palembang. Tujuan spesifiknya meliputi identifikasi jenis dan tingkat kerusakan, perhitungan lalu lintas serta beban kendaraan ESAL, dan penentuan ketebalan perkerasan optimal untuk perbaikan struktur jalan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data primer melalui observasi lapangan dan pengukuran dimensi kerusakan, serta data sekunder berupa literatur dan spesifikasi kendaraan PKP-PK. Analisis dilakukan menggunakan metode AASHTO 1993 dengan fokus pada perhitungan ESAL untuk menentukan tebal perkerasan kaku. Hasil penelitian menunjukkan kerusakan jalan disebabkan lalu lintas kendaraan berat foam tender. Perhitungan ESAL kumulatif selama 20 tahun sebesar 84,25 tergolong rendah, namun beban sumbu berat kendaraan PKP-PK memerlukan pelat beton minimal tebal 20 cm demi keamanan dan umur layan optimal. Penelitian ini berkontribusi dengan memberikan rekomendasi teknis perbaikan jalan yang aman, nyaman, dan efisien di area kampus dengan beban dinamis tinggi, sebagai acuan bagi institusi serupa dalam merencanakan rekonstruksi perkerasan kaku.</p> 2025-09-19T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2025 Journal of Research and Inovation in Civil Engineering as Applied Science (RIGID)