https://jurnal.politap.ac.id/index.php/rigid/issue/feed Journal of Research and Inovation in Civil Engineering as Applied Science (RIGID) 2024-02-03T09:40:25+00:00 firmanilah kamil rigid.jurnal@politap.ac.id Open Journal Systems <p>Journal Of Research and Inovation in Civil Engineering as Applied Science (RIGID) di https://jurnal.politap.ac.id/index.php/rigid merupakan jurnal blind peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu Teknik sipil dan ilmu yang relevan .Artikel yang dipublikasikan di Jurnal RIGID meliputi hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama), sedangkan untuk artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (bukan prioritas utama) dan juga komentar yang bersifat kritikan terhadap hasil tulisan ilmiah yang dipublikasi oleh jurnal RIGID . Semua publikasi di jurnal RIGID bersifat akses terbuka yang memungkinkan artikel tersedia secara bebas online tanpa berlangganan apapun. Journal Of Research and Inovation in Civil Engineering as Applied Science (RIGID): Jurnal Teknik Sipil terbit 2 kali dalam setahun, setiap bulan Januari dan Agustus.</p> https://jurnal.politap.ac.id/index.php/rigid/article/view/1372 Studi Rancangan Unit dan Instalasi Pengolahan Air Limbah Tambak Udang Di Desa Kertasada Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep 2024-01-03T04:51:41+00:00 Ach. Desmantri R ach.desmantri92@gmail.com Diana Sulfa dianasulfa@gmail.com <p>Tambak udang yang berada di Desa Kertsada Kecamata Kalianget memiliki jumlah 8 petak. Dengan luas keseluruhan sebesar 4.532 m<sup>2</sup>. Dalam permasalahan yang ada pada tambak udang ini adalah tidak adanya perlakuan terhadap air limbah tambak udang sebelum dikembalikan ke perairan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan unit dan instalasi pengelolaan air limbah tambak udang di Desa Kertasada Kecamatan Kalianget. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan objek penelitian unit dan instalasi pengolahan air limbah dengan sistemn biofilter anaerob – aerob. Hasil penelitian ini diperoleh debit limbah tambak udang sebanyak 498,52 m3 / hari nya dari luas tambak 4.532 m<sup>2 </sup>limbah cair hasil proses produksi langsung dialirkan ke badan penerima air limbah yaitu sungai dengan kandungan BOD5 , TSS, dan NH berturut – turut sebesar 9,727 Mg /l ,&nbsp; 2,33 Mg / l , 0.007 Mg / l .</p> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Journal of Research and Inovation in Civil Engineering as Applied Science (RIGID) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/rigid/article/view/1444 Evaluasi Kinerja Lalu Lintas di Ruas Jalan Jendral Ahmad Yani Depan Gateway Cicadas Kota Bandung 2024-01-22T06:37:00+00:00 Defi Farhatun defifarhatun@gmail.com Mira Lestira Hariani Mira.Hariani@ugj.ac.id <p>Salah satu permasalahan lalu lintas yang umum terjadi di Kota Bandung adalah kemacetan di Jalan Jendral Ahmad Yani Cicadas. Salah satu jalan raya utama yang menghubungkan berbagai wilayah Kota Bandung adalah Jalan Jendral Ahmad Yani Cicadas. Ketika ruas jalan ini mengalami kemacetan, hal ini akan menimbulkan masalah yang luas, seperti kemacetan lalu lintas, tingkat polusi udara yang lebih tinggi, dan kerugian finansial. Tujuan utama studi ini adalah untuk mengidentifikasi cara paling efektif untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dan meningkatkan kinerja lalu lintas secara keseluruhan di wilayah tersebut. Untuk mendapatkan data utama, kami menilai kondisi geometris jalan dan mengumpulkan data lalu lintas. Statistik kependudukan Kota Bandung tahun 2023 merupakan salah satu contoh data sekunder. Analisis data penelitian ini didasarkan pada standar PKJI 2023 dan MKJI 1997. Pengolahan data pada Microsoft Excel untuk menentukan volume kendaraan, kecepatan, kapasitas, hambatan samping,derajat kejenuhan, dan tingkat pelayanan. Berdasarkan temuan evaluasi, kemacetan terbesar di Jalan Jendral Ahmad Yani Cicadas Kota Bandung terjadi antara pukul 16.00 hingga 18.00 WIB sore, dengan rata-rata tingkat pelayanan (Level of Service) C menyusul pengalihan lalu lintas sebesar 30%. volume.</p> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Journal of Research and Inovation in Civil Engineering as Applied Science (RIGID) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/rigid/article/view/1445 Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Terhadap Kapasitas Ruas Jalan Di Kota Bandung (Studi Kasus: Jalan Raya Ujung Berung Kota Bandung) 2024-01-22T06:47:52+00:00 Ryan Rivaldi ryanrivaldi@gmail.com Shinta Novriani Shinta.novrianii@gmail.com <p>Kota Bandung, sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat, juga merupakan kota metropolitan terbesar di wilayah tersebut. Sebagai pusat perdagangan lokal dan regional, pendidikan, pariwisata, kebudayaan, dan industri, Bandung telah berkembang pesat. Ruas Jalan Ujung Berung di Kota Bandung menjadi akses penting menuju pusat kota, sering dilalui oleh kendaraan bermotor. Dengan tujuan untuk mengevaluasi kinerja Ruas Jalan Ujung Berung di Kota Bandung. Survei langsung di lapangan dilakukan sesuai dengan prosedur yang diuraikan dalam Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997). Pengolahan data dilakukan menggunakan MS Excel untuk menghasilkan perhitungan volume, kecepatan, hambatan samping, kapasitas, derajat jenuh, dan tingkat pelayanan (Los). Hasil survey selama 4 hari menunjukkan volume puncak sebesar 23.598,25 Smp/jam, dengan kecepatan rata -rata tertinggi 27,68 Km/jam, dan derajat jenuh sebesar 0,85. Dengan melakukan analisis, menyimpulkan bahwa tingkat pelayanan Ruas Jalan Ujung Berung berada pada level D.</p> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Journal of Research and Inovation in Civil Engineering as Applied Science (RIGID) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/rigid/article/view/1442 Pengaruh Gerak U-Turn pada Bukaan Median terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas di Ruas Jalan Jenderal Ahmad Yani Kabupaten Ketapang 2024-01-22T06:04:59+00:00 Saima Putrini saimaputrini@gmail.com Julyan Purnomo saimaputrini@politap.ac.id Chindy Larasati saimaputrini@politap.ac.id <p>Jalan Jenderal Ahmad Yani Kabupaten Ketapang merupakan jalan arteri dengan tipe lingkungan yaitu komersial dan terdapat hambatan samping yang berdampak terhadap kinerja lalu lintas akibat kegiatan disamping atau di sisi jalan tersebut. Dari masing- masing ruas jalan tersebut telah dilengkapi dengan median beserta bukaan median untuk mengkoordinir gerakan U-Turn. U-Turn adalah salah satu cara pemecahan dalam manajemen lalu lintas jalan arteri kota. Dengan tujuan mengetahui karakteristik dan kapasitas lalu lintas serta tingkat pelayanan jalan pada ruas Jalan. Jenderal Ahmad Yani. Hal ini berdampak pada karakteristik lalu lintas, kapasitas jalan dan tingkat pelayanan jalan yang akan diterapkan dalam penelitian dengan menggunakan pedoman MKJI 1997. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang didapat pada Jalan Jenderal Ahmad Yani dengan nilai karakteristik arus lalu lintas pada volume arus lalu lintas pada arah Jalan.Jenderal Ahmad Yani – Jalan.Merdeka sebesar 261,95 smp/jam dan untuk arah Jalan.Merdeka – Jalan.Jenderal Ahmad Yani sebesar 159,45 smp/jam. Kecepatan kendaraan Jalan Jenderal Ahmad Yani – Jalan.Merdeka sebesar 31,41 km/jam dan Jalan.Merdeka – Jalan.Jenderal Ahmad Yani sebesar 34,02 km/jam. Kerapatan lalu lintas pada Jalan.Jederal Ahmad Yani – Jalan.Merdeka sebesar 8,34 smp/km dan Jalan.Merdeka – Jalan. Jenderal Ahmad Yani sebesar 4,69 smp/km. dengan kapasitas lalu lintas sebesar 1.285,90 smp/jam. Nilai tingkat pelayanan jalan didapat nilai B dan A</p> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Journal of Research and Inovation in Civil Engineering as Applied Science (RIGID) https://jurnal.politap.ac.id/index.php/rigid/article/view/1456 Perencanaan Peningkatan Jembatan Kayu di Jalan Minggu Gembira Desa Sungai Kinjil Pesisir Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang 2024-02-03T09:40:25+00:00 Firmanilah Kamil firmanilahkamil@politap.ac.id Vevie Karlina firmanilahkamil@politap.ac.id Uti Rustam Efendi firmanilahkamil@politap.ac.id <p style="text-align: justify;">Kondisi jembatan kayu yang terdapat pada Jalan Minggu Gembira Desa Sungai Kinjil Pesisir kurang layak digunakan. Jembatan tersebut bagian struktur atasnya mudah bergerak saat ada beban yang melintas atau melewati di atas jembatan dan jembatan jembatan tidak terdapat tiang sandaran, dan dinding penahan tanah&nbsp; akibat kondisi ini aktivitas para petani dan warga sekitar menjadi terhambat. Maka dari itu perlu adanya perencanaan peningkatan jembatan kayu. Jembatan ini menghubungkan pemukiman dengan sarana umum lainnya. Selain itu, jembatan dengan lebar 3 m dengan bentang 6 m ini juga berfungsi untuk penyebrangan hasil pertanian. Mengingat pentingnya fungsi jembatan di kawasan tersebut, maka perlu disusun perencanaan peningkatan jembatan kayu.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambar rencana dan berapa Rencana Anggaran Biaya (RAB) pada perencanaan peningkatan jembatan kayu. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi di lapangan serta pengambilan data daftar harga satuan bahan dan upah Kabupaten Ketapang tahun 2023 dari PUPR untuk membuat RAB. Setelah melakukan pembuatan gambar rencana dan analisis perhitungan RAB maka didapatkan total biaya yang diperlukan dalam perencanaan peningkatan jembatan kayu di Jalan Minggu Gembira Desa Sungai Kinjil Pesisir Kecamatan Benua Kayong Kabupaten Ketapang didapatkan hasil sebesar Rp. 71.160.785.</p> 2024-01-31T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Journal of Research and Inovation in Civil Engineering as Applied Science (RIGID)