Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) pada Jalan Kapten Piere Tendean

Penulis

  • Fadhli Dziljalal Politeknik Negeri Ketapang
  • Agung Iswandi Politeknik Negeri Ketapang
  • Nur Aida Politeknik Negeri Ketapang
https://doi.org/10.58466/rigid.v2i2.1169

Kata Kunci:

: Perencanaan Jalan, Perkerasan Kaku, CBR, Tebal Lapis Fondasi Bawah, Tebal Rencana Perkerasan

Abstrak

Jalan Kapten Pierre Tendean salah satu jalan penghubung antara Jalan Brigjend Katamso dan Jalan Gatot Subroto yang banyak dilewati kendaraan sekitar maupun kendaraan dari luar. Sebagai salah satu jalan lokal di kota Ketapang, jalan ini juga dilewati kendaraan niaga seperti truk dengan muatan sumbu terberat 5 ton yang mana beban berlebihan tersebut dapat memicu kerusakan yang terjadi pada ruas jalan ini, nilai rata-rata LHRN pada jalan ini adalah 11 kendaraan niaga. Eksisting dari jalan ini masih berupa aspal yang mana terdapat beberapa titik kerusakan. Hal tersebut adalah salah satu alasan dilakukan perencanaan peningkatan jalan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tebal perkerasan kaku, mengetahui gambar rencana dan mengetahui Rencana Anggaran Biaya (RAB). Dari jalan yang bagus terdapat tanah yang bagus pula, tanah merupakan fondasi dasar yang memegang peranan penting. Salah satu data yang diperlukan pada perencanaan tebal perkerasan adalah nilai CBR tanah. Nilai CBR diperoleh dari pengujian dengan Dynamic Cone Penetrometer (DCP), pada tanah dasar jalan ini rata-rata nilai CBR mencapai 8,40 %. Pada perencanaan tebal perkerasan kaku ini menggunakan katalog SNI 8457 tahun 2017 sebagai acuan yang mengatur tentang tebal lapis fondasi bawah serta tebal pelat beton. Dengan menggunakan rata-rata nilai CBR, untuk tebal lapisan fondasi bawah untuk perencanaan ini adalah 150 mm, untuk ukuran beton kurus rencana tebal 50 mm, menggunakan beton 9,8 MPa atau K125 dan untuk ukuran pelat beton rencana tebal 150 mm, menggunakan beton 19,3 MPa atau K-225. Rencana anggaran biaya perkerasan kaku jalan Kapten Pierre Tendean adalah sebesar Rp 518.089.000,00 (Lima Ratus Delapan Belas Juta Delapan Puluh Sembilan Ribu Rupiah).

Referensi

Pemerintah Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan. Jakarta, 2004.

Sukirman, S., Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Bandung: NOVA, 1999.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat, “Diklat perkerasan kaku Modul I Konsep Dasar dan Konstruksi Perkerasan Kaku,” Bandung: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pusat Pendidikan dan Pelatihan Jalan, Perumahan, Permukiman dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, 2017.

Farnandu, Y., & Arniwati, Alzahri, S., “Analisa Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) di Desa Serapek Kecamatan Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI),” J. Tek. Sipil, JUTEKS, vol. 7, no. I, pp. 20–27, 2022.

Badan Standar Nasional, Rancangan Tebal Jalan Beton Untuk Lalu Lintas Rendah. Jakarta, 2017.

Ardiansyah, R., & Sudibyo, T., “Analisis Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Lajur Pengganti pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated,” J. Tek. Sipil dan Lingkung., vol. 5, no. 1, pp. 17–30, 2020, doi: 10.29244/jsil.5.1.17-30.

Mayadhita, R., “Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Menggunakan Perbandingan Nilai CBR pada Jalan Kendali Asam Bawah,” Universitas Batanghari Jambi, 2019.

Purwanto, SS., & Putra, T., “Analisis Perkerasan Jalan Pramuka Kecamatan Gandus Kota Palembang Ditinjau dari Segi Biaya,” J. Tek. Sipil, vol. 8, no. 1, pp. 33–46, 2017.

Maharani, A., & Wasono, S., “Perbandingan Perkerasan Kaku dan Perkerasan Lentur (Studi Kasus Ruas Jalan Raya Pantai Prigi-Popoh Kab. Tulungangung),” J. Perenc. dan Rekayasa Sipil, e-STRAM, vol. 1, no. 2, pp. 89–94, 2018.

Almufid, Haq. A., & Silwanus, “Perbandingan Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku dengan Menggunakan Metode Bina Marga 04/Se/Db/2017 dan Metode AASHTO 1993,” J. Tek. JT, vol. 9, no. 2, pp. 34–43, 2020.

Brunosius, Arifianto, A.K., & Aldila P., R., “Perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) pada Ruas Jalan STA 0+1 KM Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar Jawa

Timur,” J. Penelit. Tek. Sipil dan Tek. Kim. eUREKA, vol. 1, no. 2, pp. 1–9, 2017.

Menteri Pekerjaan Umum dan PerumahanRakyat Republik Indonesia, Peraturan Nomor 28/PRT/M/2016 tentang Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum. Jakarta, 2016.

Basuki, S., Ilmu Ukur Tanah. Yogyakarta: Gajah Mada Univ Press, 2006.

Kusumawati, Y., Catatan Kuliah Ilmu Ukur Tanah. Bandung, 2014.

Hendarsin, S.T., Penuntun Praktis Perencanaan Teknik Jalan Raya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-10

Cara Mengutip

Dziljalal, F., Iswandi, A. ., & Aida, N. (2023). Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) pada Jalan Kapten Piere Tendean. Journal of Research and Inovation in Civil Engineering As Applied Science (RIGID), 2(2), 46-53. https://doi.org/10.58466/rigid.v2i2.1169

Terbitan

Bagian

Artikel