Perencanaan Rabat Beton Jalan Lingkungan pada Gang Sei Pelanjo Desa Negeri Baru Kabupaten Ketapang

Penulis

  • Saima Putrini Politeknik Negeri Ketapang
  • Dani Marwan Politeknik Negeri Ketapang
  • Uti Rustam Efendi Politeknik Negeri Ketapang
https://doi.org/10.58466/rigid.v1i2.1185

Kata Kunci:

perencanaan, perkerasan kaku, CBR, rencana anggaran biaya

Abstrak

Ruas jalan pada Gang Sei Pelanjo Desa Negeri Baru Kabupaten Ketapang dikategorikan sebagai jalan yang kondisinya masih
berpasir dan sempit dikarenakan banyaknya pepohonan kecil yang tumbuh di pinggir jalan, sehingga jalan cenderung sulit
untuk di lewati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai CBR tanah asli pada lokasi penelitian berdasarkan
pengujian CBR lapangan untuk mendapatkan nilai daya dukung tanah pada jalan tersebut, mendapatkan hasil perencanaan
struktur perkerasan kaku yang sesuai dengan kebutuhan baik dari segi keamanan, dan kekuatan pada ruas jalan tersebut
menggunakan Metode SNI 8457-2017. Metode penelitian yang dilakukan dengan cara pengukuran panjang jalan, lebar jalan,
bahu jalan untuk mengetahui kondisi existing jalan tersebut, kemudian survei lalu lintas (LHR) untuk mengetahui volume
dan jenis kendaran serta survei CBR lapangan dengan menggunakan alat DCP untuk melaksanakan evaluasi kekuatan tanah
dasar dan lapis pondasi jalan. Hasil analisis dan perhitungan tebal struktur perkerasan kaku ruas jalan Gang Sei Pelanjo Desa
Negeri Baru Kabupaten Ketapang diperoleh beton yang digunakan untuk struktur atas dengan ketebalan 0,15m disesuaikan
dengan perhitungan perencanaan tebal perkerasan. Pondasi bawah beton kurus menggunakan ketebalan 0,5 m serta
mengunakan lapisan pondasi bawah dengan ketebalan 0,15 m. Rencana Anggaran Biaya pada ruas jalan Gang Sei Pelanjo
Desa Negeri Baru Kabupaten Ketapang dengan panjang jalan 200 m dan lebar jalan 3 m adalah sebesar Rp. 186.512.082,89.

Referensi

Firmansyah, Adi A.Y. 2014. Rancang Bangun Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Dalam Pembangunan Rumah. STIKOM :

Surabaya.

Departemen Permukiman Dan Prasarana Wilayah, 2003. Perencanaan perkerasan jalan beton semen.https://binamarga.pu.go.id. Diakses pada 7 Juli 2021.

Asroni, Ali, 2010. Balok Dan Pelat Beton Bertulang. Penerbit Graha Ilmu: Yogyakarta

Hardiyatmo, H. C. 2010. Pemeliharaan Jalan Raya, Perkerasan, Drainase, Longsoran. Gadjah Mada University Press.

Yogyakarta

Lestari, I. G. A. I. 2013. Perbandingan Perkerasan Kaku dan Perkerasan Lentur. Jurnal Transportasi, 7(1), 133-134

Manuho, J. A. 2016. Perhitungan Lalu Lintas Harian Rata-Rata Pada Ruas Jalan Tumpaan–Lopana. Doctoral dissertation.

Politeknik Negeri Manado

Apriyanti, Y., & Hambali, R. 2014. Pemanfaatan Fly Ash Untuk Peningkatan Nilai Cbr Tanah Dasar. Forum Profesional Teknik Sipil (Vol. 2, No. 2, p. 56040). Bangka Belitung University.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-30

Cara Mengutip

Putrini, S., Marwan, D., & Rustam Efendi, U. (2022). Perencanaan Rabat Beton Jalan Lingkungan pada Gang Sei Pelanjo Desa Negeri Baru Kabupaten Ketapang. Journal of Research and Inovation in Civil Engineering As Applied Science (RIGID), 1(2), 31-35. https://doi.org/10.58466/rigid.v1i2.1185

Terbitan

Bagian

Artikel