Pelatihan Pembuatan E-Booklet Product Pada UMKM Jamu Ngesti Rempah Semarang
Kata Kunci:
UMKM, Pemasaran digital, E-booklet, PromosiAbstrak
Kewirausahaan merupakan salah satu faktor yang memperkuat struktur ekonomi suatu negara. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya keterlibatan UMKM. Digitalisasi menjadi agenda penting untuk UMKM karena digitalisasi sendiri dapat membantu para UMKM untuk bertahan di tengah persaingan banyaknya barang-barang impor yang masuk ke Indonesia dengan harga murah. Dalam upaya mengembangkan pemasaran produk, maka diperlukan penguasaan penggunaan digital marketing sehingga dapat menumbuhkan/meningkatkan semangat dan inspirasai dalam menjalankan bisnis berbasis online, dan meningkatkan keterampilan dalam penggunaan teknologi khususnya dalam pemasaran online. Kegiatan pra survei telah dilaksanakan pada UMKM Ngesti Rempah Semarang. Pelaksanaan PKM ini akan dilakukan dengan metode pelatihan pembuatan e-booklet. Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan PKM adalah memberikan pendampingan bagi Mitra UMKM dalam hal pemanfaatan teknologi digital untuk melakukan pemasaran produk dan meningkatkan penjualan.
Referensi
Mariam, S., (2022). Pengenalan Strategi Marketing Dalam Pengembangan Bisnis (UMKM Binaan Jakpreneur) Di Provinsi DKI Jakarta. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), pp.1199-206.
Nur, L. C. N., dkk. (2022). Strategi Pemasaran melalui Digital Marketing Berbasis E- Modul Flipbook untuk Kelompok Wanita Tani Desa Bedahlawak. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 69–81.
Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47.
Wijoyo, H., dkk. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa (Pengabdian Kepada Masyarakat Kerjasama Antar Kampus). IKRA-ITH ABDIMAS, 3(3), 169–175.