Pendampingan Dan Pengembangan Umkm Di Kelurahan Kepanjenlor Kota Blitar Melalui Re-Branding Dan Integrated Marketing Communication (IMC)

Penulis

  • Muhammad Nashir Hasan Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jawa Timur
  • Mu’tasim Billah Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jawa Timur
  • Isna Agustina Safira Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jawa Timur
  • Aura Arindra Ramadhani Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jawa Timur
  • Annisa’ Laras Atie Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jawa Timur
  • Lintang Aji Arroziqi Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jawa Timur
  • Ira Wikartika Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jawa Timur
  • Muhammad Ahmi Husein Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jawa Timur
https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.1576

Kata Kunci:

Re-Branding, Integrated Marketing Communication (IMC), Inovasi, Pengabdian

Abstrak

Re-branding merupakan upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengubah total atau memperbaharui sebuah brand yang telah ada agar menjadi lebih baik dengan tidak mengabaikan tujuan awal perusahaan, yaitu berorientasi profit. Integrated Marketing Communication (IMC) adalah pendekatan untuk memastikan komunikasi brand yang selaras untuk seluruh marketing channel-mu. Tujuan dari dari pengabdian ini adalah untuk membantu promosi secara digital dan membantu mengembangkan produk agar lebih menarik. Metode yang digunakan pada pengabdian ini dengan melakukan observasi UMKM, perancangan logo beserta supergrafis, perancangan desain kemasan, inovasi produk UMKM. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah UMKM yang berada di wilayah Kelurahan Kepanjenlor, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar sangat antusias dalam melakukan proses re-branding dan Integrated Marketing Communication (IMC)

Referensi

Grein, A. and Gould, S., 1996. Globally integrated marketing communications. Journal of Marketing Communications, 2(3), pp.141-158.

Idris Yanto N. 2009. Sektor UMKM di Indonesia : Profil, Masalah, Dan Strategi Pemberdayaan. jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis OIKOS-NOMOS. Volume 2, Nomor 1/ Januari 2009. ISSN 1979-1607. LPPEB FIS - UNG

Kurniawan, F., Setyowati, S. and Ihsaniyati, H., 2018. STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) USAHA KEDAI SUSU MOM MILK UNTUK MENARIK MINAT KONSUMEN. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 13(2), p.167.

Muzellec, Laurent dan Lambkin, Mary. (2006). “Corporate Rebranding: Destroying, Transferring or Creating Brand Equity?”. European Journal of Marketing. Emerald Group Publishing Limited. 40, 7-8.

Nurhayati, N., Mulyana, Y. and Erlangga, H., 2020. Pemberdayaan Pengelolaan Keuangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Manajerial Bagi Pelaku Usaha Di Desa Warnasari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. KAIBON ABHINAYA : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), pp.66-70.

Windy Talitha Iswari, 2020. PENGARUH STRATEGI MARKETING COMMUNICATION TERHADAP BRAND IMAGE PT TOKOPEDIA. Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media, 9(2), pp.24-34

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Nashir Hasan, M., Billah, M. ., Agustina Safira, I. ., Arindra Ramadhani, A., Laras Atie, A. ., Aji Arroziqi, L. ., Wikartika, I. ., & Ahmi Husein, M. (2022). Pendampingan Dan Pengembangan Umkm Di Kelurahan Kepanjenlor Kota Blitar Melalui Re-Branding Dan Integrated Marketing Communication (IMC). Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(2), 1154=1162. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.1576

Terbitan

Bagian

Artikel