Pendampingan Pemasaran Tahu Putih “Bu Sipon” sebagai Upaya Meningkatkan Penjualan Melalui Marketplace Rekom Indonesia
Kata Kunci:
Pembukuan sederhana, Macro Coffee RoasteryAbstrak
Digitalisai marketing merupakan solusi untuk memperluas pangsa pasar dalam upaya meningkatkan omset penjualan. Marketplace menjadi pilihan yang memudahkan pelaku usaha dalam proses promosi secara online melalui internet. Adanya pandemic covid-19 yang membatasi mobilisasi sehingga metode konvensional dengan berkeliling menjadi tidak lagi efektif, sehingga perlu adanya perbaikan dalam strategi marketing. Melalui metode ABCD (Asset based Community Development) terdapat berberapa tahap yang dilaksanakan, yaitu; inkulturasi, discovery, design, define dan refleksi. Strategi yang digunakan untuk meningkatkan omset penjualan dengan menggunakan media digital melalui marketplace menjadi pilihan terbaik untuk mencapai tujuan usaha. Dalam Kuliah Pengabdian Masyarakat Daring dari Rumah (KPM-DDR) oleh mahasiwa IAIN Ponorogo melakukan pendampingan dalam proses pemasaran. Hasil akhir dari pengabdian ini adalah bermitranya home insutri tahu putih bu Sipon dengan markerplace Rekom Indonesia
Referensi
Ananda, R., & Rafida, T. (2016). Pengantar Kewirausahaan (Rekayasa Akademik Melahirkan Enterpreneurship). Perdana Publishing.
Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 1(2), 131–136.
Artaya, I. P., & Purworusmiardi, T. (2019). Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran Dan Penjualan Produk Bagi Umkm Di Jawa Timur. Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Narotama Surabaya, 1–10.
BPS. (2018). Badan Pusat Statistik. https://madiunkab.bps.go.id/statictable/2018/01/19/710/jumlah-binaan-dinas-koperasi-dan-umkm-2014-2016.html
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Marzuki, K., Apriani, A., & Dasriani, N. G. A. (2021). Pemberdayaan Pengrajin Perak Melalui Market Place sebagai Media Penjualan Online di Desa Ungga, Kabupaten Lombok Tengah. ADMA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 107–114.
Masrifah, A., Setyaningrum, H., Susilo, A., & Haryadi, I. (2021). Perancangan Sistem Pengelolaan Limbah Durian Layak Kompos Di Agrowisata Kampung Durian Ponorogo. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 268–282.
Rapitasari, D. (2016). DIGITAL MARKETING BERBASIS APLIKASI SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN. 10(2), 107–112.
Rusmanah, E., Irawan, A. W., & Andria, F. (2019). Implementasi digital marketing guna peningkatan peluang pasar produksi hasil ternak puyuh masyarakat Desa Galuga. Jurnal ABM Mengabdi, 6(1), 14–25.
Suminartini, S., & Susilawati, S. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bidang Usaha Home Industry Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(3), 226. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i3.3340
Yulia, Y. A., Octaviani, A., & Utomo, A. (2021). Pendampingan Peningkatan Ekonomi Kreatif Untuk Mengangkat Produk Toga Melalui Digital Marketing Dan Pengemasan Di Desa Sumber Bulu Karanganyar. WASANA NYATA, 5(1), 69–74.
Zuhri, S. (2013a). Analisis Pengembangan Usaha Kecil dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Manajmen dan Akutansi, 2(3).
Zuhri, S. (2013b). Analisis Pengembangan Usaha Kecil Home Industri Sangkar Ayam Dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 2(3).