Pendampingan Pemasaran Tahu Putih “Bu Sipon” sebagai Upaya Meningkatkan Penjualan Melalui Marketplace Rekom Indonesia

Penulis

  • Nadia Ulfa’ngin Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Muhtadin Amri Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1206

Kata Kunci:

Pembukuan sederhana, Macro Coffee Roastery

Abstrak

Digitalisai marketing merupakan solusi untuk memperluas pangsa pasar dalam  upaya meningkatkan omset penjualan. Marketplace menjadi pilihan yang  memudahkan pelaku usaha dalam proses promosi secara online melalui internet.  Adanya pandemic covid-19 yang membatasi mobilisasi sehingga metode  konvensional dengan berkeliling menjadi tidak lagi efektif, sehingga perlu adanya  perbaikan dalam strategi marketing. Melalui metode ABCD (Asset based  Community Development) terdapat berberapa tahap yang dilaksanakan, yaitu; inkulturasi,  discovery, design, define dan refleksi. Strategi yang digunakan untuk  meningkatkan omset penjualan dengan menggunakan media digital melalui  marketplace menjadi pilihan terbaik untuk mencapai tujuan usaha. Dalam Kuliah  Pengabdian Masyarakat Daring dari Rumah (KPM-DDR) oleh mahasiwa IAIN  Ponorogo melakukan pendampingan dalam proses pemasaran. Hasil akhir dari  pengabdian ini adalah bermitranya home insutri tahu putih bu Sipon dengan  markerplace Rekom Indonesia

Referensi

Ananda, R., & Rafida, T. (2016). Pengantar Kewirausahaan (Rekayasa Akademik Melahirkan Enterpreneurship). Perdana Publishing.

Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 1(2), 131–136.

Artaya, I. P., & Purworusmiardi, T. (2019). Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran Dan Penjualan Produk Bagi Umkm Di Jawa Timur. Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Narotama Surabaya, 1–10.

BPS. (2018). Badan Pusat Statistik. https://madiunkab.bps.go.id/statictable/2018/01/19/710/jumlah-binaan-dinas-koperasi-dan-umkm-2014-2016.html

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Marzuki, K., Apriani, A., & Dasriani, N. G. A. (2021). Pemberdayaan Pengrajin Perak Melalui Market Place sebagai Media Penjualan Online di Desa Ungga, Kabupaten Lombok Tengah. ADMA: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 107–114.

Masrifah, A., Setyaningrum, H., Susilo, A., & Haryadi, I. (2021). Perancangan Sistem Pengelolaan Limbah Durian Layak Kompos Di Agrowisata Kampung Durian Ponorogo. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 268–282.

Rapitasari, D. (2016). DIGITAL MARKETING BERBASIS APLIKASI SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN. 10(2), 107–112.

Rusmanah, E., Irawan, A. W., & Andria, F. (2019). Implementasi digital marketing guna peningkatan peluang pasar produksi hasil ternak puyuh masyarakat Desa Galuga. Jurnal ABM Mengabdi, 6(1), 14–25.

Suminartini, S., & Susilawati, S. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bidang Usaha Home Industry Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(3), 226. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i3.3340

Yulia, Y. A., Octaviani, A., & Utomo, A. (2021). Pendampingan Peningkatan Ekonomi Kreatif Untuk Mengangkat Produk Toga Melalui Digital Marketing Dan Pengemasan Di Desa Sumber Bulu Karanganyar. WASANA NYATA, 5(1), 69–74.

Zuhri, S. (2013a). Analisis Pengembangan Usaha Kecil dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Manajmen dan Akutansi, 2(3).

Zuhri, S. (2013b). Analisis Pengembangan Usaha Kecil Home Industri Sangkar Ayam Dalam Rangka Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 2(3).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-15

Cara Mengutip

Ulfa’ngin, N., & Amri, M. . (2022). Pendampingan Pemasaran Tahu Putih “Bu Sipon” sebagai Upaya Meningkatkan Penjualan Melalui Marketplace Rekom Indonesia. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 27-38. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1206

Terbitan

Bagian

Artikel