Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM Di Kelurahan Turi Kota Blitar
Kata Kunci:
Sosialisasi, Pelatihan, Pendampingan, Digital Marketing .Abstrak
Perkembangan teknologi saat ini telah berkembang pesat sehingga berpengaruh bagi pelaku usaha bisnis baik besar maupun kecil. Kegiatan dalam mempromosikan produk secara global dapat meningkatkan volume penjualan dan profit dengan menggunakan digital marketing. Di Kelurahan Turi sendiri terdapat cukup banyak masyarakat yang menjalankan usaha. Akan tetapi, diantara UMKM yang telah berkembang tersebut masih terhambat oleh kurangnya pengetahuan terhadap hal pemasaran secara online. Alasan banyak pelaku usaha tidak melakukan kegiatan E-commerce karena lebih nyaman berjualan secara offline (langsung), tidak tertarik berjualan secara online dan kurangnya pengetahuan atau keterampilan dalam melakukan pemasaran secara online. Oleh karena itu diadakan kegiatan strategi digital marketing untuk meningkatkan pemasaran UMKM di Kelurahan Turi di Kota Blitar. Tujuannya sebagai upaya Strategi Meningkatkan Potensi Pemasaran Melalui Digital Marketing Pada UMKM di Kelurahan Turi Kecamatan Sukorejo Kota Blitar. Metode yang dilakukan pada kegiatan kali ini adalah sosialisasi, diskusi, pelatihan dan pendampingan. Strategi digital marketing untuk meningkatkan pemasaran pada UMKM di Kelurahan Turi, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar dilakukan dengan beberapa tahap yaitu sosialisasi digital marketing serta pelatihan dan pendampingan digital marketing. Harapannya UMKM dapat menerapkan pengambilan foto produk untuk menarik minat konsumen, menggunakan marketplace, membuat website untuk mempromosikan produk UMKM yang ada di Kelurahan Turi untuk meningkatkan pemasaran melalui media sosial
Referensi
Abdurrahman, G. et al. (2020) ‘Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), pp. 88–92. Available at: http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index. php/manage/article /view/3981.
Bursa, D. I. and Indonesia, E. (2017) ‘Jurnal KREATIF : Pemasaran, Sumberdaya Manusia dan Keuangan, Vol. 5, No.1, Oktober 2017’, Jurnal KREATIF, 5(1), pp. 112–131.
Cookson, M. D. and Stirk, P. M. R. (2019) ‘済無No Title No Title No Title’.
Ii, B. A. B. (2018) ‘Bab ii tinjauan pustaka 2.1.’
Ilmiah, J., Muhammadiyah, U. and Pemula, E. (2021) ‘Sang pencerah’, pp. 371–391.
Jayanti Mandasari, D., Widodo, J. and Djaja, S. (2019) ‘Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso’, JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 13(1), p. 123. doi: 10.19184/jpe.v13i1.10432.
Ratna Gumilang, R. (2019) ‘Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri’, Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), pp. 9–14. doi: 10.32670/coopetition.v10i1.25.
Woelandari, D. S. and Setyawati, N. W. (2020) ‘Sosialisasi Menggunakan Media Sosial Berbasis Digital’, Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), pp. 1–5. doi: 10.31334/jks.v1i1.882.