Pelatihan dan Pendampingan Branding Berbasis Digital sebagai Upaya Pengembangan UMKM Di Kelurahan Bulak Banteng
Kata Kunci:
Branding, Digital, Media Sosial, UMKMAbstrak
UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah merupakan salah satu faktor yang turut membantu meningkatkan perekonomian di Indonesia baik perekonomian secara mikro hingga makro. Saat ini, telah banyak masyarakat yang memiliki UMKM dengan berbagai macam produk-produk kreatif yang dijual. Namun, perkembangan UMKM mengalami beberapa kendala salah satunya adalah kurangnya ilmu pengetahuan pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang telah berkembang seperti, kurangnya pengetahuan tentang branding produk. Branding adalah adalah suatu usaha untuk menghasilkan kesan yang menarik minat konsumen. Kurangnya upaya branding dapat membuat produk UMKM kurang memiliki daya saing di pasaran. Untuk itu, dalam upaya untuk mengembangkan UMKM di Kelurahan Bulak Banteng melalui strategi branding berbasis digital, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan yaitu penyuluhan, pelatihan dan pendampingan dan terakhir evaluasi. Dari kegiatan ini diketahui bahwa beberapa UMKM yaitu Rumah Batik Jawa Timur, Mie Ramingkem, Pawone Mamiku, dan UMKM Sumberejo telah memahami bagaimana pentingnya branding bagi sebuah produk, hal tersebut dapat terlihat dari pemanfaatan media sosial yang telah lebih baik dari sebelumnya.
Referensi
Dewi, V. S., Setyaningsih, D., & Dewi, A. P. (2020). Branding UMKM Rengginang dan Pengembangan Pertanian Padi Organik Dusun Randucanan, Desa Tonoboyo, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 1(2), 63–75.
Hapsoro, B. B. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 23(2), 117–120.
Muntazori, A. F., Listya, A., & Qeis, M. I. (2019). Branding Produk UMKM Pempek Gersang. Jurnal Desain, 6(03), 177–185. https://doi.org/10.30998/jd.v6i3.4252
Primadewi, A., Anwar, T. M., Yustin, Y., Sani, A. H., & Fauzi, M. (2020). Penguatan Pemasaran Produk Umkm Ashfa Madu Borobudur Melalui Strategi Product Branding. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(3), 154. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i3.17683
Purwaningsih, E., Suhaeri, S., & Ariyanti, E. R. N. (2020). Branding Produk UMKM Kampung Wisata Bisnis Tegal Waru melalui Reputasi Merek dan Basis Informasi Teknologi. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(1), 60–69. https://doi.org/10.26905/abdimas.v5i1.3392
Putra, S. J., & Hartini, Y. (2021). Perancangan Branding UMKM Mr & Mrs Cake Shop Lombok. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(2), 297–304. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i2.6427
Reza, M. R., Rizki, M. O., & Paulinus. (2017). Perkembangan Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia. Upp.Ac.Id, 1, 377–386.
Rizaldi, T., & Putranto, H. A. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Marketing dan Branding pada UMKM. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyrakat, 2, 56–59.
Zinaida, R. S., & Muzakir, A. (2021). Pendampingan Branding UMKM Ikan Salai Melalui Program Belajar Bekerja Terpadu Dosen dan Mahasiswa. Sinergi Komunikasi, 1(2), 58–66.