Pemberdayaan UMKM di Waru Sidoarjo melalui Pelatihan Konten Kreatif, Copywriting, dan Strategi Bisnis Digital
Kata Kunci:
Business Model Canvas, Copywriting, Creative Content, Fotografi Digital, Pemberdayaan UMKMAbstrak
Pandemi COVID-19 dan ketidakstabilan ekonomi global, seperti konflik Rusia-Ukraina, telah berdampak negatif terhadap perekonomian Indonesia, termasuk sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dampak ini terlihat jelas pada UMKM di Sidoarjo yang mengalami penurunan penjualan dan kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan perubahan lanskap digital. Salah satu permasalahan utama yang dihadapi adalah rendahnya kualitas konten pemasaran digital dan kurangnya pemahaman dalam menyusun strategi bisnis yang efektif. Artikel ini membahas pemberdayaan UMKM di Waru, Sidoarjo, melalui pelatihan Creative Content, Copywriting, Business Model Canvas (BMC), dan Digital Photography, sebagai upaya meningkatkan daya saing UMKM di era digital. Pelatihan ini dirancang untuk membantu UMKM mengatasi masalah pemasaran dengan menyediakan keterampilan praktis dalam menciptakan konten yang lebih menarik, memetakan strategi bisnis yang tepat melalui BMC, dan meningkatkan kualitas visual produk melalui teknik fotografi dasar. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan peserta untuk menerapkan strategi pemasaran yang lebih efektif, meningkatkan interaksi dengan pelanggan melalui platform digital, dan memperkuat bisnis mereka secara keseluruhan. Dengan pemahaman dan keterampilan yang lebih baik tentang pemasaran digital dan strategi bisnis, UMKM mitra diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan daya saing di pasar.
Referensi
Albrighton, T. (2010). The ABC of Copywriting. ABC Business Communications Ltd, 97.
Retrieved from https://www.abccopywriting.com/wp-content/uploads/2013/04/The-ABC-of-Copywriting.pdf
Bahtera, N. T., Estetiono, A., & Salam, M. D. (2022). Business Model Canvas, Copywriting
and Creative Content Training for Micro, Small and Medium Enterprises in Tuban. DARMABAKTI CENDEKIA : Journal of Community Service and Engagements, 04, 6–11. https://doi.org/10.20473/dc.V4.I2.2022.6-11
Bahtera, N. T., Sinatriya Marjianto, R. ., & Salam, M. D. . (2022). Digital Entrepreneurship
Training For Micro, Small And Medium Enterprises (Msmes) For Typical Culinary Of Tuban Regency. Darmabakti Cendekia: Journal of Community Service and Engagements, 4(1), 31–36. https://doi.org/10.20473/dc.V4.I1.2022.31-36
Bahtiar, R. A. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan
Menengah Serta Solusinya. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik, XIII(10), 19–24. Retrieved from https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XIII-10-II-P3DI-Mei-2021-1982.pdf
Bisoyi, D., Yadav, P., & Barua, U. (2015). Copywriting and the creative edge. Conference:
ICCVAD, (May). Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Preeti_Yadav31/publication/316683312_Copy_writing_and_the_creative_edge/links/590c19a0aca272db9ca56943/Copy-writing-and-the-creative-edge.pdf
Dobaj, J., Dubrawsk, R., Sikorska, K., Maczuga, P., Jaruga, A., Zieliński, K., … Poschalko,
A. (2015). Content Marketing Handbook – Simple Ways to Innovate Your Marketing Approach. Content Marketing Expert, 160. Retrieved from http://paragoneurope.eu/projects/attachments/Content Marketing CMEX/ContentMarketingHandbook.pdf
Dudin, M. N., Lyasnikov, N. V. evich, Leont’eva, L. S., Reshetov, K. J. evich, & Sidorenko,
V. N. (2015). Business model canvas as a basis for the competitive advantage of enterprise structures in the industrial agriculture. Biosciences Biotechnology Research Asia, 12(1), 887–894. https://doi.org/10.13005/bbra/1736
Fahdia, M R., Kurniawati, I., Amsury, F., Heriyanto, H., & Saputra, I. (2022, May 30).
Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika , 2(1), 34-39. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i1.147
Jailani, S. F. A., Ali, S. A. M., Kassim, E. S., & Yunus, N. M. (2020). Digital Copywriting
and Online Business Visibility. Journal of Critical Reviews. 7(16):557-562. DOI: 10.31838/jcr.07.16.66
Karunia, E., Juliana, A., Syahran., Ahmatang., Hidayat, N., Hasyim, B., Azis, M I., &
Shalahuddin, S. (2021, August 17). Digital Marketing Training for UMKM of Tarakan City. International Journal Of Community Service , 1(2), 189-200. https://doi.org/10.51601/ijcs.v1i2.3
Khoerunisya, Z P., Yustiana, T., Sofyana, A., & Febrianto, A S. (2023). Effect of Digital
Transformation on The Business Strategy of SMEs in The City of Bandung. Majalah Bisnis & IPTEK, 16(1), 63-71. https://doi.org/10.55208/bistek.v16i1.357
Li, X., Wang, M., & Chen, Y. (2014). The Impact of Product Heterogeneity on Online
Consumer Behavior in Korea. In Pacific Asia Conference on Information Systems. Chengdu, China: Pacific Asia Conference on Information Systems (PACIS). https://doi.org/10.15719/geba.9.5.200812.159
Liu, X., & Guo, S. (2019). The Influence of Picture Information on Consumers’ Purchase
Decision. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 252, pp. 1–10). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1755-1315/252/4/042047
Mardhiyah, D., Widiastuti, T., Mawardi, I., Hartini, S., Rosidi, D. O., Zain, N. H., &
Apriwiliza, G. (2024). Pekalongan MSMEs Prepare Products to Penetrate The Halal Market and Ecosystem. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 8(1), 22–32. https://doi.org/10.20473/jlm.v8i1.2024.022-032
Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap
Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). You’re holding a handbook for visionaries, game
changers, and challengers striving to defy outmoded business models and design tomorrow’s enterprises. It’s a book for the . . . written by. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional. 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64
Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal
Lentera Bisnis, 9(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380
Sari, R., Hasibuan, R Y., & Ilvira, M L. (2023). Empowering MSMEs Regarding
Digital Marketing in Tanjung Hataran Village. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 2(8), 691-700. https://doi.org/10.55927/jpmb.v2i8.5790
Sevkli, M., Oztekin, A., Uysal, O., Torlak, G., Turkyilmaz, A., & Delen, D. (2012).
Development of a fuzzy ANP based SWOT analysis for the airline industry in Turkey. Expert Systems with Applications, 39(1), 14–24. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2011.06.047
Swieczak, W. (2012). Content Marketing As an Important Element. Institute of Aviation,