Pemberdayaan UMKM di Waru Sidoarjo melalui Pelatihan Konten Kreatif, Copywriting, dan Strategi Bisnis Digital

Penulis

  • Novyandri Taufik Bahtera Universitas Airlangga
  • Moh. Darus Salam Universitas Airlangga
  • Sidarta Prassetyo Universitas Airlangga
https://doi.org/10.58466/literasi.v4i2.1674

Kata Kunci:

Business Model Canvas, Copywriting, Creative Content, Fotografi Digital, Pemberdayaan UMKM

Abstrak

Pandemi COVID-19 dan ketidakstabilan ekonomi global, seperti konflik Rusia-Ukraina, telah berdampak negatif terhadap perekonomian Indonesia, termasuk sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dampak ini terlihat jelas pada UMKM di Sidoarjo yang mengalami penurunan penjualan dan kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan perubahan lanskap digital. Salah satu permasalahan utama yang dihadapi adalah rendahnya kualitas konten pemasaran digital dan kurangnya pemahaman dalam menyusun strategi bisnis yang efektif. Artikel ini membahas pemberdayaan UMKM di Waru, Sidoarjo, melalui pelatihan Creative Content, Copywriting, Business Model Canvas (BMC), dan Digital Photography, sebagai upaya meningkatkan daya saing UMKM di era digital. Pelatihan ini dirancang untuk membantu UMKM mengatasi masalah pemasaran dengan menyediakan keterampilan praktis dalam menciptakan konten yang lebih menarik, memetakan strategi bisnis yang tepat melalui BMC, dan meningkatkan kualitas visual produk melalui teknik fotografi dasar. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan peserta untuk menerapkan strategi pemasaran yang lebih efektif, meningkatkan interaksi dengan pelanggan melalui platform digital, dan memperkuat bisnis mereka secara keseluruhan. Dengan pemahaman dan keterampilan yang lebih baik tentang pemasaran digital dan strategi bisnis, UMKM mitra diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan daya saing di pasar.

Referensi

Albrighton, T. (2010). The ABC of Copywriting. ABC Business Communications Ltd, 97.

Retrieved from https://www.abccopywriting.com/wp-content/uploads/2013/04/The-ABC-of-Copywriting.pdf

Bahtera, N. T., Estetiono, A., & Salam, M. D. (2022). Business Model Canvas, Copywriting

and Creative Content Training for Micro, Small and Medium Enterprises in Tuban. DARMABAKTI CENDEKIA : Journal of Community Service and Engagements, 04, 6–11. https://doi.org/10.20473/dc.V4.I2.2022.6-11

Bahtera, N. T., Sinatriya Marjianto, R. ., & Salam, M. D. . (2022). Digital Entrepreneurship

Training For Micro, Small And Medium Enterprises (Msmes) For Typical Culinary Of Tuban Regency. Darmabakti Cendekia: Journal of Community Service and Engagements, 4(1), 31–36. https://doi.org/10.20473/dc.V4.I1.2022.31-36

Bahtiar, R. A. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan

Menengah Serta Solusinya. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, Bidang Ekonomi Dan Kebijakan Publik, XIII(10), 19–24. Retrieved from https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XIII-10-II-P3DI-Mei-2021-1982.pdf

Bisoyi, D., Yadav, P., & Barua, U. (2015). Copywriting and the creative edge. Conference:

ICCVAD, (May). Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Preeti_Yadav31/publication/316683312_Copy_writing_and_the_creative_edge/links/590c19a0aca272db9ca56943/Copy-writing-and-the-creative-edge.pdf

Dobaj, J., Dubrawsk, R., Sikorska, K., Maczuga, P., Jaruga, A., Zieliński, K., … Poschalko,

A. (2015). Content Marketing Handbook – Simple Ways to Innovate Your Marketing Approach. Content Marketing Expert, 160. Retrieved from http://paragoneurope.eu/projects/attachments/Content Marketing CMEX/ContentMarketingHandbook.pdf

Dudin, M. N., Lyasnikov, N. V. evich, Leont’eva, L. S., Reshetov, K. J. evich, & Sidorenko,

V. N. (2015). Business model canvas as a basis for the competitive advantage of enterprise structures in the industrial agriculture. Biosciences Biotechnology Research Asia, 12(1), 887–894. https://doi.org/10.13005/bbra/1736

Fahdia, M R., Kurniawati, I., Amsury, F., Heriyanto, H., & Saputra, I. (2022, May 30).

Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika , 2(1), 34-39. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i1.147

Jailani, S. F. A., Ali, S. A. M., Kassim, E. S., & Yunus, N. M. (2020). Digital Copywriting

and Online Business Visibility. Journal of Critical Reviews. 7(16):557-562. DOI: 10.31838/jcr.07.16.66

Karunia, E., Juliana, A., Syahran., Ahmatang., Hidayat, N., Hasyim, B., Azis, M I., &

Shalahuddin, S. (2021, August 17). Digital Marketing Training for UMKM of Tarakan City. International Journal Of Community Service , 1(2), 189-200. https://doi.org/10.51601/ijcs.v1i2.3

Khoerunisya, Z P., Yustiana, T., Sofyana, A., & Febrianto, A S. (2023). Effect of Digital

Transformation on The Business Strategy of SMEs in The City of Bandung. Majalah Bisnis & IPTEK, 16(1), 63-71. https://doi.org/10.55208/bistek.v16i1.357

Li, X., Wang, M., & Chen, Y. (2014). The Impact of Product Heterogeneity on Online

Consumer Behavior in Korea. In Pacific Asia Conference on Information Systems. Chengdu, China: Pacific Asia Conference on Information Systems (PACIS). https://doi.org/10.15719/geba.9.5.200812.159

Liu, X., & Guo, S. (2019). The Influence of Picture Information on Consumers’ Purchase

Decision. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 252, pp. 1–10). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1755-1315/252/4/042047

Mardhiyah, D., Widiastuti, T., Mawardi, I., Hartini, S., Rosidi, D. O., Zain, N. H., &

Apriwiliza, G. (2024). Pekalongan MSMEs Prepare Products to Penetrate The Halal Market and Ecosystem. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 8(1), 22–32. https://doi.org/10.20473/jlm.v8i1.2024.022-032

Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap

Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212. https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). You’re holding a handbook for visionaries, game

changers, and challengers striving to defy outmoded business models and design tomorrow’s enterprises. It’s a book for the . . . written by. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional. 59–64. https://doi.org/10.26593/jihi.v0i0.3870.59-64

Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Jurnal

Lentera Bisnis, 9(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380

Sari, R., Hasibuan, R Y., & Ilvira, M L. (2023). Empowering MSMEs Regarding

Digital Marketing in Tanjung Hataran Village. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 2(8), 691-700. https://doi.org/10.55927/jpmb.v2i8.5790

Sevkli, M., Oztekin, A., Uysal, O., Torlak, G., Turkyilmaz, A., & Delen, D. (2012).

Development of a fuzzy ANP based SWOT analysis for the airline industry in Turkey. Expert Systems with Applications, 39(1), 14–24. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2011.06.047

Swieczak, W. (2012). Content Marketing As an Important Element. Institute of Aviation,

–151. https://www.researchgate.net/publication/287557707_Content_marketing_as_an_important_element_of_marketing_strategy_of_scientific_institutions#fullTextFileContent

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-01

Cara Mengutip

Taufik Bahtera, N., Darus Salam, M., & Prassetyo, S. . (2024). Pemberdayaan UMKM di Waru Sidoarjo melalui Pelatihan Konten Kreatif, Copywriting, dan Strategi Bisnis Digital. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 4(2), 196-204. https://doi.org/10.58466/literasi.v4i2.1674

Terbitan

Bagian

Artikel