Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris Dengan Aplikasi Duolingo Sebagai Media Interaktif di Rumah Pintar YAFSI

Penulis

  • Ikhwa Sasmitha Universitas Sumatera Utara
  • Husni Thamrin Universitas Sumatera Utara
https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.1414

Kata Kunci:

Minat Belajar, Media Interaktif, Duolingo

Abstrak

Di era globalisasi ini, anak-anak dituntut untuk mampu mempelajari bahasa negara lain demi menjadi pegangannya menyelami dunia yang penuh dengan saingan ketat dari berbagai penjuru  dalam mendapatkan kebutuhan hidup seperti pekerjaan, pendidikan, dan lain sebagainya. Bahasa yang paling dianjurkan untuk dikuasai adalah bahasa Inggris,  dikarenakan bahasa Inggris sendiri telah ditetapkan sebagai bahasa universal yang umum digunakan untuk berinteraksi dengan masyarakat luar dari berbagai belahan bumi. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode pendampingan secara komprehensif kepada anak-anak Rupin Yafsi melalui sosialisasi pentingnya penggunaan bahasa Inggris di era globalisasi, penggunaan aplikasi Duolingo, dan menguji capaian belajar yang didapat setelah menggunakan aplikasi Duolingo. Program Intervensi yang digunakan dalam kegiatan Praktikum ini adalah Intervensi Mezzo oleh Zastrow yang terdiri dari; Persiapan (dengan Pendekatan Non-Direktif), Intake / Engangement, Assesment, Perencanaan, Implementasi dan Rencana Aksi, Evaluasi dan Terminasi. Luaran akhir yang dicapai dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan literasi digial anak Rupin Yafsi dalam memanfaatkan aplikasi-aplikasi belajar digital yang sangat berguna untuk menambah pengetahuan dan wawasan baru mereka.

Referensi

Adi, I. R. (2018). Kesejahteraan Sosial (Pekerjaan Sosial, Pembangunan Sosial, dan Kajian Pembangunan). Jakarta : Rajawali Pers.

Agus Suriadi, M. I. (2022). Penanaman Nilai Adversity Quotient Melalui Konsep Entrepreneur dan Digitalisasi di Panti Asuhan Taruna Melati Pematang Siantar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 240-246.

Agus Suriadi, S. S. (2022). Memperdalam Kemampuan Berbahasa Inggris Anak Panti Asuhan Taruna Melati Pematang Siantar. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(1), 133-136. doi:10.54082/jamsi.178

Nursyamsiah, E. (2021). Penerapan Media Aplikasi Duolingo dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri 3 Agrabinta Cianjur. Jurnal Paedagogy, 8(2), 67-77. doi:10.33394/jp.v8i1.3251

Pransiska, R. (2013). PEMANFAATAN IT SEBAGAI MEDIA DALAM MENGENALKAN BAHASA INGRIS PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(2) , 107-112.

Saifur Rohman Cholil, N. H. (n.d.). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBUAT DESAIN GRAFIS DENGAN COREL DRAW PADA SISWA MA AL-WATHONIYYAH SEMARANG.

Supriyono. (2018). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48.

Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 103-114

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-01

Cara Mengutip

Sasmitha, I., & Thamrin, H. . (2022). Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris Dengan Aplikasi Duolingo Sebagai Media Interaktif di Rumah Pintar YAFSI. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(2), 732-737. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.1414

Terbitan

Bagian

Artikel