Membangun Literasi Baca-Tulis Yang Menyenangkan Dengan Penggunaan Multimedia Di SDN 066043 Medan Helvetia

Penulis

  • Andre Oktavianus Universitas Sumatera Utara
  • Gusti Pirandy Universitas Sumater Utara
https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i2.1126

Kata Kunci:

Multimedia, Literasi Baca-Tulis, PKL 1, Kampus Mengajar

Abstrak

Multimedia merupakan alat bantu pembelajaran yang digunakan untuk menampilkan, mempresentasikan, menyajikan, atau menjelaskan bahan pelajaran kepada peserta didik. Dengan semakin beragamnya jenis dan mutu media pembelajaran, pengajar perlu semakin selektif dalam menentukan media pembelajaran. Membaca dan menulis merupakan kegiatan yang selalu dianggap membosankan bagi kalangan siswa/i khususnya pada anak Sekolah Dasar. Ada Beberapa masalah yang diperoleh di lapangan berkaitan dengan pembelajaran yaitu anggapan siswa bahwa Literasi Baca-Tulis itu hal yang membosankan. Apalagi dalam pembelajarannya rata-rata guru menggunakan metode konvensional, sehingga membuat pembelajaran terkesan monoton, kaku dan didominasi oleh guru yang gagap Teknologi. Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan Praktikum ini adalah dengan memanfaatkan Multimedia sekolah yang ada, Seperti penggunaan media infokus, dan animasi pembelajaran YouTube diharapkan menciptakan suasana pembelajaran di sekolah yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan, dan membawa dampak positif bagi UPT SDN 066043 Medan Helvetia sehingga harapan pembelajaran tercapai. Praktikum ini menggunakan metode CaseWork yang di kemukakan oleh Zastrow, sebagai berikut: Intake dan contract, Assessment, Perencanaan, Intervensi, Evaluasi, Terminasi. Hasil dari kegiatan praktikum ini bertujuan agar anak-anak di di SDN 066043 Medan Helvetia dapat memahami pembelajaran dengan mudah dan menyenangkan.

Referensi

Adi, Isbandi Rukminto. (2015). Kesejahteraan Sosial. Jakarta: PT RajaGrafindoPersada

Diputra, K. S., Tristiantari, N. K. D., & Jayanta, I. N. L. (2020). Gerakan literasi digital bagi guru-guru sekolah dasar. JCES (Journal of Character Education Society), 3(1), 118-128.

Fahrudin, Adi. 2012. Pengantar Kesejahteraan Sosial. PT Refika Aditama, Bandung.

Hartati, T. (2017). Multimedia dalam pengembangan literasi Di sekolah Dasar Terpencil. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 25(1), 47-54.

Mayer, Richard. E. (2009). Multimedia Learning. Yogyakarta: PustakaPelajar

Pasambo, E., & Radia, E. H. (2022). Meta analisis pengaruh multimedia sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3257-3267.

Setiawan, M., Lumenta, A. S., & Tulenan, V. (2017). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Untuk Sekolah Dasar (Studi Kasus: SD Negeri I Bitung, Kelas VI). Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 6(4), 194-204.

Wahyuni, E. N. (2009). Motivasi dalam pembelajaran.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Oktavianus, A., & Pirandy, . G. . (2023). Membangun Literasi Baca-Tulis Yang Menyenangkan Dengan Penggunaan Multimedia Di SDN 066043 Medan Helvetia. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(2), 507-512. https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i2.1126

Terbitan

Bagian

Artikel