Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Melalui Workshop Asesmen Kompetensi Di Kabupaten Bekasi

Penulis

  • Adibah Yahya Universitas Pelita Bangsa
  • Adi Maryadi Universitas Pelita Bangsa
  • Nining Yuningsih Universitas Pelita Bangsa
  • Carwinda Carwinda Universitas Pelita Bangsa
  • Asep Saepulloh Universitas Pelita Bangsa
https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1201

Kata Kunci:

Asesmen, kompetensi, guru

Abstrak

Kegiatan Workshop Asesmen Kompetensi (AK) Jenjang Sekolah Dasar (SD) merupakan salah satu program Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi Tahun 2021. Workshop AK Jenjang SD Kabupaten Bekasi tahun 2021 merupakan sebuah kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam meningkatkan kompetensi guru khususnya guru kelas V (lima) SD baik di sekolah swasta maupun sekolah negeri terkait kebijakan asesmen nasional, pembelajaran literasi dan numerasi di SD, peran guru dan fasilitasi lingkungan belajar efektif untuk pembelajaran literasi dan numerasi di SD, penilaian diagnostik, bedah soal literasi dan numerasi, serta pengenalan digital platform asesmen nasional. Kondisi pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat guru dalam mengikuti kegiatan workshop, kegiatan ini diikuti oleh guru Sekolah Dasar di wilayah Kabupaten Bekasi terselenggara dengan menggunakan platform zoom. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta lebih memahami materi dibadingkan sebelumnya, hal ini dibuktikan dari hasil pretest dan postest.

Referensi

Adrian, Y., & Agustina, L. (2019). Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(2), 175–181.

Amin, N. (2018). Pedoman Pelaksanaan APKGM (Asesmen Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah). 26 Th Oktober. Retrieved from https://www.mgmpmadrasah.com/2018/10/pedoman-pelaksanaan-apkgm-asesmen.html

Fauziah, A., Sobari, E. F. D., & Robandi, B. (2021). Analisis Pemahaman Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mengenai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1550–1558. Retrieved from https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/608

Judiani, S. (2011). Kreativitas Dan Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(1), 56. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i1.7

Pagarra, H., Bundu, P., Irfan, M., Hartoto, & Raihan, S. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Mengevaluasi Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Berbasis Tes Dan Penugasan Online. Publikasi Pendidikan, 10, 260–265. Retrieved from http://ojs.unm.ac.id/index.php/%0Ahttp://103.76.50.195/pubpend/article/view/16069

Poerbowati, S., & Bayu, R. (2015). Penilaian Kompetensi Guru. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 245–249.

Purwati, P. D., Faiz, A., Widiyatmoko, A., & Maryatul, S. (2021). Asesmen Kompentensi Minimum (AKM) kelas jenjang sekolah dasar sarana pemacu peningkatan literasi peserta didik. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 19(1), 13–24.

Rifai, M. (2017). Peranan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Retrieved December 20, 2021, from kompasiana.com website: https://www.kompasiana.com/mahmudrifai/591d12c4179373180dd59ef9/peranan-sumber-daya-manusia-dalam-meningkatkan-mutu-pendidikan#:~:text=Adapun Sumberdaya Manusia dalam pendidikan,mungkin guna mencapai tujuan pendidikan.

Sunardi, O., & Suchyadi, Y. (2020). Praktikum Sebagai Media Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasr (JPPGuseda), 03(September), 124–127. Retrieved from https://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda/article/view/2737

Yasir, M. S. (2021). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1, 263–272.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-01

Cara Mengutip

Yahya, A., Maryadi, A. ., Yuningsih, N. ., Carwinda, C., & Saepulloh, A. . (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Melalui Workshop Asesmen Kompetensi Di Kabupaten Bekasi. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 188 -196. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1201

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama