Analisis Kemampuan Matematika Dalam Pemecahan Masalah Termodinamika
Kata Kunci:
Kemampuan matematika; pemecahan masalah; termodinamika.Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan kemampuan matematika dalam pemecahan masalah termodinamika. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif menggunakan prosedur penelitian survey studi pustaka dan studi lapangan. Subjek penelitian ini adalah 5 mahasiswa semester V Prodi Tadris Fisika UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2024/2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan matematika dalam pemecahan masalah termodinamika berhubungan erat. Agar kemampuan pemecahan masalah termodinamika mahasiswa meningkat diperlukan kemampuan matematika yang baik.
Kata kunci: Kemampuan matematika; pemecahan masalah; termodinamika.
Referensi
Carson, J. (2007). A Problem with Problem Solving Teaching Thinking without Teaching Knowledge. Journal The Mathematics Educator, Vol. 17, No. 2, 7–14.
Chotimah, C. & Muhammad F. (2018). Paradigma baru sistem pembelajaran dari: Teori, Metode, Model, Media, hingga Evaluasi Pembelajaran (1st ed.). Yogyakarta, Indonesia: Ar-Ruzz Media.
Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal UPI http://jurnal.upi.edu/file/8-Fachrurazi.pdf
Hamdi, A., S., dan E. Bahruddin. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Masruroh, dkk. (2021). Termodinamika Tinjauan Sains dan Rekayasa. Malang: UB Press.
NCTM, N. C. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston: VA: NCTM. https://www.nctm.org/Standards-and-Positions/CAEP-Standards/
Polya, G. (1973). On Solving Mathematical Problems in High School. New Jersey: Princeton Univercity Press.
Rosdiana & Misu, L. (2013). Pengembangan Teori Pembelajaran Perilaku dalam Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa di SMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Saad, N. S. & Ghani, A. S. (2008). Implementing Kolb’s Learning Style into Online Distance Education. International Journal of Technology in Teaching and Learning, 1, 45-54.
Suparwi, S. (2020). Pengantar psikologi kognitif. Salatiga: LP2M IAIN Salatiga.
Syaiful. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Edumatica, Volume 02 Nomor 01, 36-44.