Pengaruh Gerakan Literasi Terhadap Keterampilan Membaca Di UPT SD Negeri 064036

Penulis

  • Fitri Agustia Universitas Sumatera Utara
  • Mia Aulina Lubis Universitas Sumatera Utara
https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i2.1101

Kata Kunci:

Mitra USU, Pelaksanaan, Budaya, Literasi Membaca

Abstrak

Membaca ialah kemampuan yg paling mendasar menjadi bekal buat mempelajari segala sesuatu, pada literasi membaca artinya bentuk pembelajaran yang sangat menarik dan krusial bagi siswa agar suaru pembelajaran simpel dipahami ketika melakukan kegiatan membaca, menulis juga berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan buat mengetahui apakah pendekatan literasi dapat berpengaruh terhadap keterampilan membaca peserta didik – siswi kelas III, IV, dan VI SD Negeri 064036 Kecamatan Medan Kota. Medan. di era kini penulis pula melihat bahwa di perkembangan zaman yg begitu pesat setiap orang wajib memiliki sebuah kegemaran pada membaca maupun menulis. pada SD kemampuan membaca menjadi hal yang memegang peranan krusial, karena tanpa hal tersebut para peserta didik – siswi akan mengalami sebuah kesulitan belajar di saat itu serta di masa yg akan tiba. Penulis juga melihat bahwa dimasa ini tidak sedikit orang yang malas membaca terlebih minimnya budaya membaca di lingkungan sekitar daerah kita tinggal. Metode yg dipergunakan pada aplikasi kegiatan program ini menggunakan metode casework melalui tahap intervensi secara awam yang terdiri berasal Engagement Intake Contract, Asessement, rencana/Perencanaan, intervensi, evaluasi, Terminasi. hasil asal kegiatan ini para siswa - siswi mengerti dan tahu isi buku yg dibaca, menaikkan minat membaca mereka lebih baik.

Referensi

Arya C. Wiguna, D. O. (2022). Problematika Literasi Membaca Pada Generasi Peeners Bangsa Dalam Menghadapi Abas 21. Kajian Penelitian dan Pemebelajaran, 1478-1489.

Budiharto, T. S. (2018). Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan kualitas Pendidikan . Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 153-166.

Dhina Cahya Rohim, S. R. (2020). Peran Literasi Dalam Menningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 1-7.

Wahyu Mardaning Hardiyanti, A. S. (2022). Penerapan Jurnal Pembiasaan Literasi Membaca Di SMP Negeri 1 Mojogedang . Literasi , 268-281.

Wandasari, Y. (2017). Implemetasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. Manajamen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 325-343.

Warsihna, J. (2016). Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis Dengan teknologi Informasi Dan Komunikasi. kwangsan, 67-80.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Agustia, F., & Aulina Lubis, M. . (2023). Pengaruh Gerakan Literasi Terhadap Keterampilan Membaca Di UPT SD Negeri 064036. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(2), 601-606. https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i2.1101

Terbitan

Bagian

Artikel