Pelatihan TOEFL Dengan Pendekatan Circ Untuk Mencapai Nilai Ideal Di Masa Pandemi

Penulis

  • Syamsurrijal Syamsurrijal Universitas Bumigora
  • Titik Ceriyani Miswaty Universitas Bumigora
  • Muhammad Zaki Pahrul Hadi Universitas Bumigora
https://doi.org/10.58466/literasi.v1i2.1300

Kata Kunci:

Training TOEFL; nilai idel; Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan tidak hanya pengetahuan tetapi juga kesiapan untuk menghadapi ujian TOEFL (Test of English as Foreign Language) bagi mahasiswa dan dosen di Nusa Tenggara Barat. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan secara online dengan meggunakan teknologi zoom sebagi media pembelajaran selama satu bulan. Masyarakat sasaran adalah masyarakat kampus yaitu mahasiswa dan dosen dari berbagai perguruan tinggi Nusa Tenggara Barat. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yaitu peserta dibagi menjadi beberapa kelompok,  kemudian diberikan tips dan strategi dalam menjawab tes TOEFL. Masing-masing kelompok berdiskusi dan bertukar pikiran dalam menjawab semua soal-soal dalam TOEFL. Biaya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini sepenuhnya bersumber dari tim pelaksana pengabdian. Setelah pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, peserta memiliki kemampuan dan kesiapan serta nilai yang cukup significant dari sebelumnya.

Referensi

Alan, E. 1983. Oxford Learner's Pocket Dictionary New York : Oxford University Press.

Artini, L.P. 1998. Is speaking easier than writing?: Exploring the complexity of spoken language. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5, 38-48.

Astin, A.W. 1993. Assesment for excellence: The philosophy and practice of assessment and evaluation in higher education. New York: The OryxPress.

Brown, H. D. 2001. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language pedagogy .N.Y:Longman.

Brown, H.D. 2001.Teaching by principles: An active approach to language pedagogy. (2nded). San Francisco: Addison Wesley Longman, Inc.

Brown, H.D. 2004.Language assessment: Principle and classroom practices. NewYork: Longman, Pearson Education, Inc.

Buck, G. 2001. Assessing listening. Cambridge: Cambridge University Press.

Celce-Murcia, M. 2001.Teaching English as a second or foreign language. (3rded). New York: Heinle and Heinle.

Clapham, C. 1996. The development of IELTS: A study of the effect of background knowledge on reading comprehension. Cambridge: Cambridge University Press.

Crystal, D. 2000. English as a global language. Cambridge: Cambridge University Press.

Horst, Marlise. 2010. First and Second Language Knowledge in the Language Classroom. International Journal of Bilingualism.Vol 14.No. 3. 313-349. Concordia University Montreal

Leonardo Chandra Pratama . 2017. DESIGNING A COMPUTER-BASED LISTENING TEST FOR THE SECOND SEMESTER STUDENTS OF ELESP SANATA DHARMA UNIVERSITY

Mazzei, L.A. 2004. Silent Listening: Deconstructive practices in discourse- basedresearch. Journal of American Educational Research Association,33, 26-33.

Philip, Deborah. 2004. Preparation Course for the TOEFL Test. The Paper Test. Longman. Pearson.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-25

Cara Mengutip

Syamsurrijal, S., Ceriyani Miswaty, T. ., & Zaki Pahrul Hadi, M. . (2021). Pelatihan TOEFL Dengan Pendekatan Circ Untuk Mencapai Nilai Ideal Di Masa Pandemi . Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 1(2), 80-89. https://doi.org/10.58466/literasi.v1i2.1300

Terbitan

Bagian

Artikel