Pelatihan Pembuatan Paving Block Sesuai Standar Mutu SNI di Desa Sukaharja Kabupaten Ketapang

Penulis

  • Sartika Sartika Politeknik Negeri Ketapang
  • Herman Herman Politeknik Negeri Ketapang
  • Syarifah Aqla Politeknik Negeri Ketapang
  • Idris Herkan Afandi Politeknik Negeri Ketapang
  • Firman Firman Politeknik Negeri Ketapang
  • Sy. Indra Septiansyah Indra Septiansyah Politeknik Negeri Ketapang
  • Maya Santi Politeknik Negeri Ketapang
  • Syarifah Mastura Politeknik Negeri Ketapang
https://doi.org/10.58466/literasi.v4i2.1506

Kata Kunci:

Paving block, SNI

Abstrak

Paving block merupakan produk bahan bangunan dari semen yang digunakan sebagai alternatif penutup atau pengerasan permukaan tanah. Penggunaan paving block saat ini terus meningkat untuk diaplikasikan pada jalan setapak, trotoar, halaman atau pelataran parkir, dan jalan komplek perumahan. Hal ini dikarenakan paving block mempunyai keunggulan yaitu mudah dalam pemasangannyadan tidak memerlukan alat berat dalam proses pemasangannya. Tim Pengabdi Politeknik Negeri Ketapang akan melakukan pengabdian masyarakat dengan tujuan untuk memberikan pelatihan dan demonstrasi lansung pembuatan paving block sesuai standar SNI kepada masayarakat RT 05 RW 01 Desa Sukaharja Kabupaten Ketapang. Pelaksanaan kegiatan pelatihan diawali dengan sambutan dari Koordinator Program Studi D-III Teknologi Pertambangan, pemaparan materi secara singkat oleh tim PKM dan praktek pembuatan paving block menggunkan alat press. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gang Lobak RT 05 RW 01 kelurahan Sukaharja Kabupaten Ketapang. Ketercapaian tujuan pelatihan dapat dilihat saat penyampaian materi dan praktek pembuatan paving block dimana peserta sangat antusias bertanya dan berdiskusi terkait cara pembuatan serta komposisi yang tepat agar diperoleh paving block berstandar SNI.

Referensi

S. D. G and E. Purnomo, Mekanika Tanah 1, Malang: Kanisius, 1993.

S. Aqla and H. , Mekanika Tanah, Bandung: CV. Semiotika, 2019.

H. and F. , "Analisis kestabilan Lereng Timbunan Tailing Bauksit: Studi kasus PT. Laman Mining Kecamatan Matan Hilir Utara," Politeknosains, pp. 23-29, 2020.

"Peraturan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan," Dirjen Dikdasmen, Jakarta, 2018.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-01

Cara Mengutip

Sartika, S., Herman, H., Aqla, S. ., Herkan Afandi, I. ., Firman, F., Indra Septiansyah, S. I. S., Santi, M. ., & Mastura, S. . (2024). Pelatihan Pembuatan Paving Block Sesuai Standar Mutu SNI di Desa Sukaharja Kabupaten Ketapang. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 4(1), 85-90. https://doi.org/10.58466/literasi.v4i2.1506

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama