Penyuluhan Kewirausahaan & Workshop Perencanaan Bisnis Menggunakan Business Model Canvas (BMC) Di SMK Negeri 1 Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur

Penulis

  • Eny Ivan’s Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Novia Ambar Sari Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Wintari Mandala Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Diky Angga Hendrawan Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v2i2.1088

Kata Kunci:

kewirausahaan, BMC, perencanaan bisnis

Abstrak

Kewirausahaan merupakan pilihan alternatif bagi para generasi millenial untuk menekuninya sebagai sumber pendapatan utama. Di lingkungan akademik, kewirausahaan menjadi mata pelajaran umum yang diberikan dari tingkat pendidikan sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Output dari mata kuliah ini adalah tertariknya para siswa untuk menjadi wirausahawan. Salah satu materi dari kewirausahaan adalah kemampuan dalam menyusun perencanaan bisnis. Perencanaan bisnis merupakan blueprint bagi wirausaha yang sudah maupun akan berjalan. Pendekatan dalam perencanaan bisnis yang banyak digunakan adalah Business Model Canvas. Pendekatan Business Model Canvas dianggap sangat sederhana, mudah, dan lengkap sehingga mampu meringkas rencana bisnis dalam satu lembar kotak dialog yang terdiri dari 9 elemen. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan penyuluhan dan workshop dengan materi perencanaan bisnis menggunakan pendekatan Business Model Canvas. Penyuluhan dilakukan dengan metode ceramah dan workshop dengan Forum Group Discussion. Hasil kegiatan pengabdian adalah siswa menjadi tahu apa itu Business Model Canvas dan bisa menerapkan perencanaan bisnis menggunakan pendekatan Business Model Canvas. Kegiatan pendampingan kewirausahaan harus terus dilakukan bagi semua kalangan masyarakat terutama generasi millenial agar dapat meningkatkan ekonomi nasional dan membangun kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Referensi

Ahsan, Muhamad. (2014). Kewirausahaan (Sebuah Pengantar). PT. Revka Petra Media. Surabaya.

Firmansyah, M.A., Roosmawarni, A. (2019). Kewirausahaan (Dasar dan Konsep). Qiara Media.

Fitriani, Ratih dan Sultan, Mokhamad Adib. (2019). Jurnal Ilmu Manajamen dan Bisnis, Vol. 10 No 2. September 2019.

Munawaroh., Rimiyati., Hindasah. (2016). Perencanaan Bisnis. LP3M UMY. Yogyakarta.

Rintisan: Startup, Talenta Digital, Ide, Inovasi. (2020). Majalah Rintisan Kemkominfo, Vol. 03, September 2020.

Siregar, O., M., Selwendri., Maulidina., Abdillah, M.B. (2020). Penerapan Bisnis Model Canvas Sentral UMKM. Puspantara Publishing. Sumatra Utara.

Supriyanto. (2009). Business Plan Sebagai Langkah Awal Memulai Usaha. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Volume 6 No 1, April 2009.

Wijoyo, H., Indrawan, I., Frimansyah. (2020). Kewirausahaan Berbasis Teknologi (Teknopreneurship). Pena Persada. Banyumas.

Zulkarnain., Saputra, M. G., Silvia, Deli. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Pendekatan Business Model Canvas pada PT Pitu Kreatif Berkah. Journal Industrial Services, Vol. 6, No. 1, Oktober 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-22

Cara Mengutip

Ivan’s, E. ., Ambar Sari, N. ., Mandala, W. ., & Angga Hendrawan, D. . (2023). Penyuluhan Kewirausahaan & Workshop Perencanaan Bisnis Menggunakan Business Model Canvas (BMC) Di SMK Negeri 1 Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(2), 1256 -1267. https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v2i2.1088

Terbitan

Bagian

Artikel