Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di UPT SDN 066048 Medan

Penulis

  • Annisa Amanda Putri Universitas Sumatera Utara
  • Husni Thamrin Universitas Sumater Utara
https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i2.1125

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan, Kebersihan Sekolah, Groupwork, Praktik Kerja Lapangan

Abstrak

Karakter merupakan sesuatu yang ada pada tiap diri individu yang dibentuk dalam lingkungan keluarga sejak kecil. Karakter yang baik dapat dibentuk melalui pendidikan, salah satunya melalui pendidikan karakter di sekolah. Salah satu karakter yang harus dibentuk sejak usia dini yaitu karakter peduli lingkungan. Praktikan tertarik untuk melakukan Praktik Kerja Lapangan kedua di kelas IV di UPT SDN 066048, berdasarkan observasi yang praktikan lakukan di kelas IV, mereka kurang peka terhadap kondisi lingkungan sekitarnya. Mereka masih sering membuang sampah sembarangan, tidak mencuci tangan selesai memegang benda yang kotor dan tidak disiplin mengenai kerapian diri seperti seragam yang lusuh dan kotor, kuku tangan yang tidak bersih, dan sebagainya. Praktikan dalam penelitian ini menggunakan metode groupwork dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pelaksanaan kegiatan Praktik Kerja Lapangan dilakukan  selama  kurang  lebih  empat bulan  untuk  melihat  apakah sasaran dari program tercapai. Diharapkan peserta didik kelas IV di UPT SDN 066048 dapat memiliki karakter peduli lingkungan, serta mengetahui bagaimana cara menjaga dan mencintai lingkungan sekitarnya.

Referensi

Adi, I. R. (2013). Intervensi Komunitas dan Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Al-anwari, A. M. (2014). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ta’dib, 19 (02), 227–252.

Azzet,AkhmadMuhaimin.2013.UrgensiPendidikanKarakterdiIndonesia.Yogyakarta:Ar-RuzzMedia.

Fadlillah, Muhammad & Lilif MualifatuKhorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep & Aplikasinya dalam PAUD. Yogyakarta: Ar-RuzzMedia.

Harlistyarintica, Yora, dkk. 2017. Penanaman Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Melalui Jari Kreasi Sampah Bocah Cilik Di Kawasan Parangtritis. Jurnal Pendidikan Anak. 6(1);20-30

Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2010. Bahan Pelatihan : Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Mebentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Rosdakarya.

Silahuddin. 2017. Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini. 3(2);18-41 http://www.greenradio.fm/index.php?option=com_content&view=article&id=536:anak-lebih- cerdas-di-lingkungan-hijau&catid=1:latest-news&Itemid=336 (Diakses pada, Minggu 11 Juni 2023)

Suharjana. (2012). Kebiasaan Berperilaku Hidup Sehat Dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, Nomor 2.

Wiyani, Novan Ardy. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Yati, Padmi. 2016. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Field Trip. Jurnal LenteraI. 28(1);123-139.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-31

Cara Mengutip

Amanda Putri, A., & Thamrin, H. . (2023). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di UPT SDN 066048 Medan. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(2), 640-648. https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i2.1125

Terbitan

Bagian

Artikel