Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Pemberdayaan Guru di MTs Huffadh Al-Itqoniyyah

Penulis

  • Nur’aini Muhassanah Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Asfi Ainuranti Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
https://doi.org/10.58466/literasi.v3i1.1335

Kata Kunci:

Guru Profesional, Penelitian Tindakan Kelas, Proposal Penelitian

Abstrak

Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru-guru dalam menyusun proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dengan demikian merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh guru untuk menjaga profesionalitas kinerjanya. Peserta pelatihan adalah guru Mts dan MA Huffadh Al-Itqoniyyah yang berjumlah 25 orang yang terbagi dalam 5 kelompok. Pelatihan ini dijadwalkan dalam dua kegiatan. Untuk kegiatan pertama adalah penyampaian materi terkait dengan penyusunan proposal penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara luring sebanyak satu kali. Sedangkan kegiatan kedua adalah pendampingan terhadap peserta pelatihan dalam penyusunan proposal penelitian tindakan kelas yang dilaksankan secara daring melalui WA Group, Zoom, dan GMeet. Hasil dari kegiatan ini dalam bentuk luaran proposal, dimana 60% peserta pelatihan sudah dapat menyelesaikan tugas atau luaran pelatihan berupa proposal penelitian tindakan kelas. Sedangkan untuk 40% peserta tidak dapat menyelesaikan luaran dikarenakan keterbatasan waktu dan kesibukan peserta. Dari 3 proposal PTK yang menjadi luaran dalam kegiatan ini mendapatkan penilaian dengan kriteria baik sebanyak 2 proposal dan kriteria sangat baik sebanyak 1 proposal.

Referensi

Anggraini, H. e. (2018). Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Kelas Bagi Guru-Guru Bahasa Tingkat SMP di Kota Pagar Alam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1 - 4.

Depdiknas. (2009). Peraturan Permenegpan dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14 -25.

Ritonga, M. et.al. (2020). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dalam Meningkatkan Kompetensi Guru MIN 1 Pasaman Barat. Jurnal ADIMAS, 4(2), 76 - 82.

Somatanaya, A.A., Herawati, L., & Wahyuningsih, S. (2018). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Peningkatan Karier Guru-Guru Sekolah Dasar Kota Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 1 - 4.

Suryanto. (1997). Mahir Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yapinda Press.

Suwandi, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: Panitia Sertifikasi.

Syakbandiah, S. (2017). Analisis Kesulitan Guru Bersertifikat Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Pasca UMS.

Widayanti, N.S & Haffis, Muaddah. (2012). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Elhaf Publishing.

Widayati, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, 6(1), 87 - 93.

Wiganda, S. (2014). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru se-Jakarta Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 1 - 7.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-01

Cara Mengutip

Muhassanah, N., & Ainuranti, A. . (2023). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Pemberdayaan Guru di MTs Huffadh Al-Itqoniyyah. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(1), 103-109. https://doi.org/10.58466/literasi.v3i1.1335

Terbitan

Bagian

Artikel