Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Didalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak-Anak Panti

Penulis

  • Geby Claudia Purba Universitas Sumatera Utara
  • Randa Putra Kasea Sinaga Universitas Sumatera Utara
https://doi.org/10.58466/literasi.v4i1.1322

Kata Kunci:

Penguatan Pendidikan Karakter, Semangat Belajar, Praktik Kerja Lapangan II

Abstrak

Karakter merupakan sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti, tabiat dan watak yang membedakan seseorang dengan yang lain. Pendidikan karakter berkaitan dengan dimensi sosial struktural untuk menciptakan sebuah sistem sosial yang kondusif bagi pertumbuhan individu. Terbentuknya karakter memerlukan proses yang relatif lama dan terus-menerus. Strategi penguatan pendidikan karakter dilakukan melalui sikap-sikap, yaitu : keteladanan, penegakan kedisiplinan dan pembiasaan. Perlu ditanamkan didalam diri anak-anak panti adanya penguatan pendidikan karakter didalam meningkatkan semangat belajar anak-anak panti sehingga timbul adanya minat membaca buku dengan hal tersebut anak-anak panti selalu mengerjakan PR yang diberikan oleh guru dan dapat menghargai waktu dalam hal belajar. Proses penyelesaian masalah tersebut dilakukan pada kegiatan mini project PKL II dengan menggunakan metode group work pada level intervensi mezzo. Adapun tahapan yang digunakan adalah tahapan umum (General Method) sebagai berikut : Engagement, Intake & Contract, Assesment, Perencanaan/Planning, Intervensi, Evaluasi dan Terminasi. Yang menjadi fokus dari proses penyelesaian masalah klien adalah kurang adanya minat membaca buku dan jarang mengerjakan PR yang diberikan oleh guru serta kurang menghargai waktu dalam hal belajar. Tujuan dari program telah tercapai, dibuktikan melalui klien selalu rajin membaca buku setiap malam dan selalu mengerjakan PR yang diberikan oleh guru serta dapat menghargai waktu dalam hal belajar.

Referensi

Adi, Isbandi Rukminto. (2015). Kesejahteraan Sosial. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Fahrudin, Adi. (2012). Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Pranowo, D J. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian dan Kerjasama Pada Matakuliah Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Dengan Metode Bermain Peran. Journal UNY.

Solissa, Everhard Markiano, et.al. (2023). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Pada Tingkat SLTA Melalui Model Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol 6 (3).

Safitri, E & Siregar, Hairani. (2022). Membangun Semangat Belajar Anak di Panti Asuhan Cinta Kasih Medan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. Vol 2 (2).

Putri, A A & Ritonga, Fajar Utama. (2023). Penguatan Karakter Pada Remaja Melalui Teknik Assertive Training di Panti Asuhan Ora Et Labora. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora. Vol 2 (2).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-01

Cara Mengutip

Claudia Purba, G., & Putra Kasea Sinaga, R. (2024). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Didalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak-Anak Panti. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 4(1), 9-13. https://doi.org/10.58466/literasi.v4i1.1322

Terbitan

Bagian

Artikel