Pentingnya Konsep Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Nur’aini Muhassanah Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
  • Ambar Winarni Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto
https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1418

Kata Kunci:

Kopetensi Guru, Covid-19, Pembelajaran Daring, Media Pembelajaran

Abstrak

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah meningkatkan kopetensi guru dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Beberapa kesulitan yang dialami oleh bapak/ibu guru selama pembelajaran daring adalah terkait media pembelajaran, penyusunan RPP dan penilaian. Kegiatan PKM ini dalam bentuk virtual yaitu Webinar yang dilaksankan melalui media Zoom Meeting. Dimana kegiatan ini bekerjasama dengan KKKS  Mustika Dwija Sarana Sumpiuh dengan peserta adalah bapak/ibu guru sebanyak 240 peserta. Metode yang digunakan adalah Service Learning. Hasil dari kegiatan ini adalah  dapat meningkatkan kopetensi guru dalam proses pembelajaran daring terkait tiga hal, yaitu pertama, penggunaan media pembelajaran daring selain WA Group seperti Zoom/GMeet, Google Classroom, dan Video Pembelajaran; kedua, meningkatkan kopetensi guru dalam penyusuanan RPP pembelajaran daring atau blended learning, dan ketiga, meningkatkan kompetensi guru dalam penyusuanan penilaian/asesmen pembelajaran daring

Referensi

Bonk, C. J. (2002). Online Training in an Online World. Growth Lakeland. Retrieved from http://publicationshare.com

La Hewi & Intan Indari. (2021). Asesmen Virtual pada Pembelajaran Pendidikan Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, Vol. 5 (2), 196 – 204.

Miad, Marjuki. (2021). Peningkatan Kualitas Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Kegiatan Bimbingan Seminar Berkelanjutan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK), Vol. 6 (1), 1 – 8.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Zulfikar. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Zoom Terhadap Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pranata Edu, Vol. 2 (1), 33 – 39

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-15

Cara Mengutip

Muhassanah, N., & Winarni, A. . (2022). Pentingnya Konsep Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Masa Pandemi Covid-19. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 136-144. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1418

Terbitan

Bagian

Artikel