Pemanfaatan Media Buku Cerita Guna Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa SD Negeri 064985
Kata Kunci:
Membaca, Siswa, Buku ceritaAbstrak
Kemampuan membaca yang baik adalah keterampilan penting dalam proses pembelajaran yang mempengaruhi prestasi akademik secara keseluruhan. Buku cerita dipilih sebagai media utama karena memadukan teks dengan gambar-gambar yang menarik, yang dapat merangsang minat dan imajinasi siswa. Penggunaan media buku cerita secara efektif dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Media ini memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk terlibat dalam proses membaca. Maka dari itu, tujuan dari penulisan ini yaitu untuk meningkatan kemampuan membaca siswa SD Negeri 064985 dengan menggunakan media buku cerita. Lokasi praktik kerja lapangan penulis yaitu berada di Jl. Kapten Muslim No.240b, Helvetia, Kec. Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara. Serta dalam praktik ini menggunakan metode groupwork oleh Zastrow. Tahapan-tahapan pada metode groupwork antara lain, (1) Engagement, Intake, Contract, (2) Assessment, (3) Planning, (4) Intervensi, (5) Monitoring, (6) Evaluasi, dan (7) Terminasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan praktik ini menunjukan peningkatan kemampuan membaca siswa, dan adanya kemajuan prestasi akademik siswa.
Referensi
Alfu, N. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyah Di Banjarmasin. Ii(2), 174, 187.
Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003.
Chasanah, F. U., Ibrahim, M., Hidayat, M. T., & Rahayu, D. W. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Media Buku Cerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3644–3650.
Fadzilah, F., Fatkhu Royana, I., & Endah Handayani, D. (2019). Pengembangan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Tema VI Cita-Citaku Subtema 1 Aku dan Cita-. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 223.
Kurniawati, R. T., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29.
Ngura, E. T., Guru, P., Anak, P., & Dini, U. (2018). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar UntukAnak Usia Dini Di Tk Maria Virgo Kabupaten Ende. 5(1), 14.
Nurkhaula, S., Ani, Y., & Dewi, S. (2019). Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B RA Riyadlul Jannah Wrati Kejayan Pasuruan.
Setiani, A. Y. U., Studi, P., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2019). Nyaring Menggunakan Media Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas Ii Sd Negeri 84 Kota Bengkulu