Pengaruh Media Pembelajaran QPengaruh Media Pembelajaran Quizziz terhadap Hasil Belajar IPAuizziz Terhadap Hasil Belajar IPA

Kata Kunci:
Kata kunci: Media Pembelajaran; Quizizz; Hasil Belajar; IPA; Kuasi Eksperimen.Abstrak
Media pembelajaran digital seperti Quizizz semakin banyak digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Namun, efektivitasnya dalam konteks pembelajaran IPA di tingkat SMP masih perlu dikaji lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Quizizz terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP GKPI Padang Bulan. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII, dengan sampel dua kelas yang dipilih menggunakan teknik non-probability sampling, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen menurun dari 60,51 menjadi 37,07, sedangkan kelas kontrol juga mengalami penurunan dari 51,89 menjadi 40,4. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz belum efektif meningkatkan hasil belajar. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada evaluasi kritis terhadap penerapan Quizizz dalam konteks IPA, yang berbeda dengan banyak penelitian sebelumnya yang cenderung menunjukkan hasil positif. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya kesiapan teknis, pelatihan, serta adaptasi siswa dalam menggunakan media digital secara efektif
Referensi
Annisa, R., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3660–3667
https://jurnal.basicedu.org/index.php/basicedu/article/view/1512
Dewanto, D., Daberty, S., & Handayani, O. (2023). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pemanfaatan Quizizz Paper Mode Dalam Asesmen Formatif Pada Pembelajaran IPAS Kelas V Kurikulum Merdeka. Jurnal Riset Pendidikan Prima, 2(1), 20–30.
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/40926/25751/134860
Mustika Piliang, F., Damanik, R., & Wiranda, D. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di SMP. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4(2), 60–73.
https://jurnal.usi.ac.id/index.php/jpbm/article/view/282
Mahmudah, F. N., & Sari, P. (2025). Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Melalui Penggunaan Quizizz Mobile Dalam Pembelajaran IPAS kelas V. Indonesian Journal of Innovation in Science Education (IJINS), 4(1), 10–22.
https://ijins.umsida.ac.id/index.php/ijins/article/view/1458
Novitasari, D., Ansori, I., & Widagdo, A. (2023). Effectiveness of a Problem‑Based Learning Model with Quizizz Learning Media on Science Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 9(Special Issue), 1179–1185.
https://doi.org/10.29303/jppipa.v9iSpecialIssue.6329
Kusuma Arini, K. D., & Suharso. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA melalui Media Quizizz. Educatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 144–149
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/46555/41604
Acesta, A. (2014). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 45–52.
https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/JIPD/article/view/339
Sari, R. K., & Manuaba, I. W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Digital Sistem Pencernaan Manusia Berbasis HOTS. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 33(1), 49–58. https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jji/article/download/29708/10673
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Media Pembelajaran Pop-Up Book Digital Sistem Pencernaan Manusia Berbasis HOTS. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 33(1), 49–58. Dimensi, elemen, dan subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.
https://kurikulum.kemdikbud.go.id/
Tanjung, M. M., Nopitasari, L., Susanti, H., & Walid, A. (2023). Efektivitas penggunaan Quizizz untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPA di SMPN 18 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 4368–4371.
https://kurikulum.kemdikbud.go.id/
Rahmayani, D., & Subekti, H. (2022). Efektivitas Penggunaan Quizizz Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 18 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 4368–4371.
https://kurikulum.kemdikbud.go.id/
Gunawan, A., Inaaroh, D., As-Syawal, M. F., Savitri, N. A. P., & Pratiwi, S. A. (2025). The Implementation of Quizizz Learning Media on Science Learning Outcomes of Fifth-Grade Students at SD Negeri 3 Siraman. Pena Inspirasi: Journal of Elementary School Teacher Education, 1(1), 15–23.
https://scholar.ummetro.ac.id/index.php/penainspirasi/article/view/8152/3093