Pengaruh Pengunaan Media Pembelajaran Video Animasi IPA Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar

Kata Kunci:
Media video animasi; Minat belajar; Ilmu Pengetahuan Alam; Pembelajaran interaktif; Sekolah Dasar.Abstrak
Minat belajar siswa Sekolah Dasar terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) masih tergolong rendah, yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang monoton dan kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi terhadap peningkatan minat belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPA. Penelitian dilaksanakan di SDN 067262 Medan dengan desain posttest only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang melibatkan dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran menggunakan video animasi, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket minat belajar dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan melalui uji-t dan uji Mann-Whitney dengan bantuan SPSS 25, serta uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan media video animasi terhadap peningkatan minat belajar siswa, dengan nilai signifikansi uji-t sebesar 0,000 < 0,05. Kelompok eksperimen memperoleh skor lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, menunjukkan peningkatan fokus, antusiasme, dan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran IPA. Penelitian ini menunjukkan kebaruan pada penerapan media animasi sebagai alternatif inovatif dalam pembelajaran IPA. Implikasi penelitian ini memberikan rekomendasi bagi guru untuk memanfaatkan media video animasi sebagai alat bantu pembelajaran yang efektif di tingkat sekolah dasar.
Referensi
Anam, C. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas III SDN 46 Banda Aceh. SDN 46 Banda Aceh. https://eprints.bbg.ac.id/id/eprint/735
Azizah, W. dan Erwin. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas V Di SD IT Al-Hikmah Bekasi. Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi, 9(3), 611–616. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.504
Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, And Evaluating Quantitative And Qualitative Research (4th ed.). Pearson Education. http://dx.doi.org/10.4236/psych.2013.43A047
Dwijayani, M. (2019). Evaluasi Hasil Belajar. Deepublish. https://kitamenulis.id/2019/10/24/evaluasi-hasil-belajar/
Fitriani, N., & Ramli, M. (2021). Pengaruh Video Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Interaktif, 8(1), 15–22. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/25125/17277/43081
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://repository.syekhnurjati.ac.id/10408/4/1908205067_7_dafpus.pdf
Kurniawati, D., Zaini, H., & Siti, R. (2020). Penggunaan Video Animasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA, 6(2), 85–92. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jurnaldidaktik/article/view/5190
Laura, S. N., & Sahronih, S. (2022). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Bojongnegara. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(3), 101–109. https://doi.org/10.58660/periskop.v3i2.36
Rahmawati, D., & Lestari, S. (2022). Media Video Animasi Dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 3(1), 50–58. https://repository.unja.ac.id/64895/6/FULL%20TESIS.pdf
Restya, D., Alawiyah, S. F., & Anjani, D. (2023). Pengaruh Video Animasi Bergambar Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 02 Sertajaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30744–30756. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/12005
Sunami, M. A. & Aslam, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 9(2), 22–30. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129 .