Analisis Penerapan Pembelajaran Hybrid pada Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa

Authors

  • Firmanilah Kamil Politeknik Negeri Ketapang
https://doi.org/10.58466/intern.v1i1.1359

Keywords:

Pembelajaran Hybrid, Pembelajaran Blanded, Hasil Belajar Kognitif

Abstract

Peperangan dunia melawan pandemi covid-19 masih belum usai. Untuk menyiasati hal ini, dalam bidang pendidikan pemerintah memberikan terobosan baru berupa Hybrid learning (blanded learning). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Hybrid learning terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Politeknik Negeri Ketapang. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 1 Jurusan Teknik Sipil. Waktu penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun akademik 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang berupa one group before after-design. Perhitungan hasil analisis uji t yang diperoleh thitung = 3,176 sedangkan ttabel dengan α = 5% dan df = 62-1 = 61 diperoleh nilai ttabel = 1.67022. Melihat hasil perhitungan tersebut, thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Hybrid terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Semester 1 Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Ketapang

References

A’dadiyyah, Nurul Layalil. 2021. Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI NU Wasilatut Taqwa Kudus Tahun 2020/2021. Jurnal Pendidikan Matematika-Laplace, 4(1): 40-49.

Adi, Nugraha. 2020. Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1 (3).

B, Yensy, Astuti, Nurul. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas Viii Smp N 1 Argamakmur. Jurnal Exacta, 10(1): 24-35.

Bokimnasi, striana, Erna., Uki, Melinda, Nonci., Bire, Here, Oktovianus, Markus. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia. Bioma-Jurnal Ilmiah Biologi, 10(1): 103-113.

Chairudin, Ahmad. 2020. Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Prestasi Siswa Kelas 5 & 6 MI Ma’arif Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Salatiga: IAIN Salatiga.

Fadli, M. Z. (2020). Penilaian Ranah Afektif Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Aplikasi Whatsapp Group. Journal of Islamic Education Policy, 5(2): 99–110.

Harun, abdurrahman, dkk. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam-Al Tadzkiyyah, 12(2): 349-359.

Hui, Y. K., Kwok, L. F., & Ip, H. H. S. (2021). Employability: Smart Learning in Extracurricular Activities for Developing College Graduates’ Competencies. Australasian Journal of Educational Technology, 37(2), 171–188.

Ketut, N., Muliastrini, E., Nyoman, N., & Handayani, L. (2021). Gerakan Literasi Digital Bermuatan Karakter Dalam Menyongsong Pendidikan Abad 21 Era Society 5.0. 3, 79–85.

Li, Q., Li, Z., & Han, J. (2021). A hybrid learning pedagogy for surmounting the challenges of the COVID-19 pandemic in the performing arts education. Education and Information Technologies, 0123456789.

Maisaroh, & Rostrieningsih. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Aktive Learning Tipe Quiz Team pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(2).

Mettis, K., & Väljataga, T. (2021). Designing learning experiences for outdoor hybrid learning spaces. British Journal of Educational Technology, 52(1), 498–513.

Moreno-morilla, C., Guzmán-simón, F., & García-jiménez, E. (2021). Learning , Culture and Social Interaction Digital and information literacy inside and outside Spanish primary education schools. Learning, Culture and Social Interaction, 28(April 2020), 100455.

Jumaini., Hertin., Nisfiyati., Ibrahim. 2021. Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Hasil Belajar Siswa: Sebuah Meta-Analisis. Jurnal Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 5(1): 48-63.

Salahudin, Anas. 2018. Pembelajaran Berkelompok Tipe Example Non Example Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Tarbiyah AL-Awlad, 8(1): 1-9.

Sanchez-Muñoz, R., Carrió, M., Rodríguez, G., Pérez, N., & Moyano, E. (2020). A hybrid strategy to develop real-life competences combining flipped classroom, jigsaw method and project-based learning. Journal of Biological Education, 00(00), 1–12.

Setiawan, R., Mardapi, D., Pratama, A., & Ramadan, S. (2019). Efektivitas blended learning dalam inovasi pendidikan era industri 4.0 pada mata kuliah teori tes klasik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 148-158.

Sjukur, B, Sulihin. 2012. Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3): 379-396.

Thorne, Kaye. (2003). Blended Learning: How to integrate online & traditional learning. London: Kagan Page Limited.

Verawati., Desprayoga. 2019. Solusi Pembelajaran 4.0: Hybrid Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12 Januari 2019: 1183-1192.

Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP), 1(1), 13–18.

Widiara, I. K. (2018). Blended learning sebagai alternatif pembelajaran di era digital. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 2(2), 50-56.

Xiao, J., Sun-Lin, H. Z., Lin, T. H., Li, M., Pan, Z., & Cheng, H. C. (2020). What makes learners a good fit for hybrid learning? Learning competences as predictors of experience and satisfaction in hybrid learning space. British Journal of Educational Technology, 51(4), 1203–1219.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Kamil, F. (2024). Analisis Penerapan Pembelajaran Hybrid pada Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN ), 1(1), 18-25. https://doi.org/10.58466/intern.v1i1.1359

Issue

Section

Artikel