Pendampingan Belajar Baca Tulis Pegon bagi Santri Baru MTs di Pondok Pesantren Al-Amien Ngasinan Rejomulyo Kediri

Penulis

  • Siti Mahmudah Fitriani Ningrum IAIN Kediri
  • Ahmad Syamsudin IAIN Kediri
https://doi.org/10.58466/literasi.v1i2.1285

Kata Kunci:

kitab kuning, pegon, pondok pesantren

Abstrak

Pondok Pesantren memiliki beragam metode pembelajaran yang digunakan dalam mendidik santrinya, baik pendidikan formal maupun non formal. Di samping itu pondok pesantren juga memiliki kurikulum yang sebagaian besar pembelajarannya menggunakan kitab kuning, gundul dan tanpa harakat, sehingga membutuhkan waktu yang lama dan usaha yang sungguh-sungguh untuk benar-benar memahaminya. Banyak keilmuan yang harus dilalui mulai dari segi menulis, membaca bahkan menterjemahkannya. Oleh karena itu, banyak ulama’ yang memberikan sumbangsih keilmuan untuk mencetuskan metode-metode yang mudah agar peserta didik dapat menggunakannya dengan baik. Salah satunya adalah dengan terbitnya kitab kecil dan sederhana yaitu kitab pegon, yaitu kitab kecil yang memberikan petunjuk dan bimbingan tentang penulisan huruf Arab dengan bahasa Jawa (pegon) dengan metode yang mudah dipahami oleh santri baru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan baca tulis para santri baru yang masih awam dengan pegon. Untuk mencapai tujuan di atas peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu suatu metode untuk menggambarkan data yang terkumpul secara jelas dan terperinci sebagaimana adanya. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta sumber datanya yang berasal dari pengurus pondok dan peneliti sendiri yang terjun langsung ke lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan agar santri dapat menulis, membaca, memaknai, dan memahami kitab kuning yang berbahasa Arab tanpa harakat dengan baik dan benar.

Referensi

Fikri, Ibnu. (2014). Aksara Pegon : Studi Tentang Simbol Perlawanan Islam Jawa Abad Ke XVII-XIX. Jurnal Filsafat Islam, 2(1), 1–23.

Inah, Ety Nur. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa. Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.

Saleh, Sonhaji. (1988). Dinamika Pesantren. Jakarta: CV Guna Aksara.

Wahyuni, Sri & Rustam Ibrahim. (2017). Pemaknaan Jawa Pegon dalam Memahami Kitab Kuning di Pesantren. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 17(1), 4–21.

Zuchdi, Darmiyati. (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Rendah. PAS: Yogyakarta

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-25

Cara Mengutip

Mahmudah Fitriani Ningrum, S., & Syamsudin, A. . (2021). Pendampingan Belajar Baca Tulis Pegon bagi Santri Baru MTs di Pondok Pesantren Al-Amien Ngasinan Rejomulyo Kediri. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 1(2), 285-291. https://doi.org/10.58466/literasi.v1i2.1285

Terbitan

Bagian

Artikel