Pelatihan Desain UI/UX Mobile Apps Untuk Remaja Masjid Jakarta Islamic Centre Menggunakan Figma

Penulis

  • Nurmalasari Nurmalasari Universitas Nusa Mandiri
  • Riyan Latifahul Hasanah Universitas Nusa Mandiri
https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i1.1180

Kata Kunci:

Desain UI/UX, Mobile Apps, Pelatihan

Abstrak

Jakarta Islamic Centre (JIC) merupakan lembaga pemerintah daerah yang meliputi unsur Pemerintah Daerah dan masyarakat dengan tugas pokok diantaranya pengembangan SDM, informasi dan komunikasi serta pengembangan bisnis. Dalam fungsi informasi dan komunikasi, JIC memerlukan media yang dapat digunakan untuk penyiaran dakwah Islam secara optimal dan dikelola secara profesional dengan tampilan yang menarik serta up to date. Oleh karena itu tim dosen Fakultas Teknologi Informasi Universitas Nusa Mandiri (FTI UNM) melakukan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan bagaimana merancang UI/UX dengan figma pada mobile apps bagi remaja masjid JIC. Pelatihan telah terselenggara pada tanggal 15 Oktober 2022 di kampus Damai dengan peserta berjumlah 14 orang melalui metode presentasi, demonstrasi, diskusi dan tanya jawab. Hasil penelitian dapat membekali ilmu dan pengetahuan baru bagi peserta sehingga memiliki skill dalam membuat dan mengelola media informasi dan komunikasi dalam bentuk mobile apps dengani desain yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan pengunjung.

Referensi

Ahsan, M., Arianto, W., & Murdani, R. T. (2020). Desain User Interface Dan User Experience Mobile App Kuysedekah.Id. SMATIKA Jurnal, 10 No.2.

Akbar, A. V. R., Suryanto, T. L. M., & Safitri, E. M. (2021). Analisis User Experience Pengguna Aplikasi KAI ACCESS Berdasarkan Alat Ukur Heart Metrics. Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi (JIFoSI), 2 No.2.

Fitriyanto, M. N., Permadi, A. S., & Putra, C. A. (2022). Faktor-Faktor Determinan Green Skills Mahasiswa Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 7 No.1.

Haria, T. T., & Mulyandi, M. R. (2019). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Pada Pengguna Aplikasi Mobile. Seminar Dan Lokakarya Kualitatif Indonesia 2019. https://doi.org/https://doi.org/10.33510/slki.2019.135-140

Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan UI/UX Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit, 10(2), 208. https://doi.org/10.51920/jd.v10i2.171

Pramudita, R., Arifin, R. W., Alfian, A. N., Safitri, N., & Anwariya, S. D. (2021). Penggunaan Aplikasi Figma Dalam Membangun UI/UX Yang Interaktif Pada Program Studi Teknik Informatika STMIK Tasikmalaya. Jurnal Buana Pengabdian, 3 No.1.

Pratama, L. A. Y., Aulia, S. C. I., & Suwarso, G. I. (2022). Perancangan User Interface Aplikasi Pemesanan Gor Online (GORNESIA). Journal of Innovation and Future Technology (IFTECH), 4 No.2. https://doi.org/https://doi.org/10.47080/iftech.v4i2.2014

Setiawan, A., & Primadewi, A. (2019). First time user experience of academic information system: An evaluation of usability. 3rd International Conference on Engineering and Applied Technology (ICEAT). https://doi.org/doi:10.1088/1757-899X/821/1/012044

Sufandi, U. U., Aprijani, D. A., & Pandiangan, P. (2021). Evaluasi Dan Hasil Review Desain User Interface Prototype Aplikasi Mobile SITTA Universitas Terbuka. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, 10 No.3. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/janapati.v10i3.40281

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-01

Cara Mengutip

Nurmalasari, N., & Latifahul Hasanah, R. (2023). Pelatihan Desain UI/UX Mobile Apps Untuk Remaja Masjid Jakarta Islamic Centre Menggunakan Figma. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(1), 1-8. https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i1.1180

Terbitan

Bagian

Artikel