Diklat Makalah Sebagai Implementasi Potensi Kepenulisan Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Mahasiswa Selama Pandemi Covid19

Penulis

  • Arif Zunaidi Institut Agama Islam Negeri Kediri
https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v2i1.1198

Kata Kunci:

Diklat, Makalah, Mahasiswa

Abstrak

Perubahan tehnik kegiatan belajar mengajar selama pandemi telah mengubah pemahaman mahasiswa tentang bagaimana membuat karya tulis ilmiah. Sebagai mahasiswa baru dituntut untuk tahu dan memahami bagaimana tehnik membuat makalah sebagai bagian dari tugas masing-masing matakuliah. Pengabdian ini menggunakan tehnik diklat makalah, dimana tehniknya dibagi atas penyampaian materi secara konsep oleh pemateri dan pendampingan praktik pembuatan  makalah oleh 2 mentor pada tiap-tiap kelompok. Pengabdian masyarakat ini diikuti oleh sebanyak 400 peserta, dimana pelaksanaannya dibagi atas 3 tempat yang berbeda untuk mencegah penyebaran covid19 selama pandemic berlangsung dan juga melalui media zoom meeting bagi peserta yang wilayahnya jauh. Materi yang disampaikan meliputi pengertian, tujuan dan tehnik pembuatan makalah dari pemilihan judul, kata pengantar, dan daftar isi. Selain itu juga disampaikan tehnik pembuatan footnote dan daftar pustaka yang benar sesuai dengan kaidah-kaidah karya ilmiah. Setelah penyampaian materi dan juga pendampingan dalam membuat makalah bahwa kualitas mahasiswa baru telah meningkat karena sudah berhasil dalam membuat makalah sebagai bagian penilaian dalam keberhasilan kegiatan ini

Referensi

Agus, S. H. A. H. N. N. (1997). Petunjuk Praktis Menulis. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktora.

Burhan, N. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. BPFE.

Heriyudananta, M. (2021). Analisis Kompetensi Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa di Indonesia. Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(1), 44–51. https://doi.org/10.53754/iscs.v1i1.5

Juniarti, Y. (2019). Pentingnya keterampilan menulis akademik di perguruan tinggi. Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya, 2(1), 185–189. http://conference.unsri.ac.id/index.php/sembadra/article/view/1593

Krismiyati, K. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak. Jurnal Office, 3(1), 43. https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3459

Lldikti8. (2019). Edaran : Publikasi Karya Ilmiah Program Sarjana, Program Magister, dan Program Doktor. In Ristekdikti. https://lldikti8.ristekdikti.go.id/2019/06/13/edaran-publikasi-karya-ilmiah-program-sarjana-program-magister-dan-program-doktor/

Utami, D. D., Syaudah, Y., & P, A. P. (2015). “Kapsul Motivasi” Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu Di Era Revolusi Informasi, 82.

Widodo, A. P. A. (2018). Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Nizamia Learning Center. www.nizamiacenter.com

Yunus, S. M. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Universitas Terbuka.

Zunaidi, A., Rahmah, R., & Salsabila, S. (2021). Meningkatkan motivasi akademis selama pandemi pada mahasiswa baru fakultas febi iain kediri. 2(3), 337–344.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-29

Cara Mengutip

Zunaidi, A. (2023). Diklat Makalah Sebagai Implementasi Potensi Kepenulisan Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Mahasiswa Selama Pandemi Covid19. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v2i1.1198

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.