Abmas-Td Pengolahan Nilai Mahasiswa Dan Pelaporan Keuangan Dengan Microsoft Excel
Kata Kunci:
Pengolahan Nilai, Laporan Keuangan, Microsoft ecxelAbstrak
Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo terdiri dari 20 Program Studi yang tersebar di 6 Fakultas dengan jumlah dosen 162 orang. Setiap akhir semester semua dosen mempunyai tugas melaporkan nilai yang diperoleh mahasiswa ke program studi. Selain penilaian setiap dosen dalam melaksanakan kegiatan dan harus melaporkan penggunaan dana. Untuk membantu dosen dalam melaporkan penilaian dan menyusun laporan penggunaan dana atau laporan keuangan, maka kegiatan pelatihan komputer ini penting untuk dilaksanakan guna membantu meningkatkan keterampilan dosen dan karyawan dalam mengoperasikan program microsoft ecxel. Metode yang dilakukan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberian materi pelatihan dan langsung praktik di laboratorium komputer. Dari pemberian materi selanjutnya dilakukan pelatihan soal-soal serta evaluasi. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan dan keterampilan terhadap program microsoft ecxel. Microsoft ecxel merupakan program yang dapat digunakan untuk mengolah data dengan cepat, tepat dan akurat sesuai dengan permintaan pemakai. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah adalah peningkatan keterampilan dosen dan karyawan dalam pengoperasian komputer dan sertifikat bagi peserta pelatihan. Berdasarkan hasil pre test dan post test terjadi peningkatan sebesar 48,94 % setelah adanya pelatihan komputer.
Referensi
Aiken, L. R. (1985). Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and psychological measurement, 45(1), 131-142. doi:10.1177/0013164485451012.
Arends, R. I., & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning becoming an accomplished teacher. New York, NY: Routledge.
Azwar, S. (2013). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Barber, M. & Mourshed, M. (2012). Profesional development international. New York, NY: Pearson.
Campbell, D. T., & Fiske, D. W. (1959). Convergent and discriminant validation by the multitrait-multimethod matrix. Psychological Bulletin, 56(2), 81-105. doi:10.1037/h0046016.
Cramer, D. (2003) Advanced quantitative data analysis. London: McGraw-Hill Education.
Diranna, K., Osmundson, E., Topps, J., Barakos, L., Gearhart, M., Cerwin, K., …, Strang, C. (2008). Asessment-centered teaching (A reflective practice). London: Sage.
Ermasari, G., Subagia, I. W., & Sudria, I. B. N. (2014). Kemampuan bertanya guru IPA dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), 1-12. Retrieved from http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1111.
Feldt, L. S., & Brennan, R. (1989). Reliability. In R. L. Linn (Ed), Educational measurement (3rd ed.). New York, NY: Macmillan.