Media Pembelajaran Dua Dimensi Dalam Pembelajaran Fisika
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan manfaat media pembelajaran dua dimensi dalam meningkatkan minat dan hasil belajar fisika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tri-anggulasi (gabungan) berupa kajian pustaka dengan mengumpulkan data terutama data verbal melalui buku, artikel, catatan, dan berbagai literatur ilmiah lainnya. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Swasta Kampus Padangsidimpuan. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMA Swasta Kampus Padangsidimpuan. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui manfaat media pembelajaran dua dimensi dalam meningkatkan minat dan hasil belajar fisika siswa adalah angket dan tes pilihan berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan minat dan hasil belajar fisika siswa setelah penggunaan media pembelajaran dua dimensi
Referensi
Aminoto, T., & Agustina, D. (2019). Mahir Statistika & Spss (M. Taufiq (Ed.)). Edu Publisher.
Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Sumasyarm, S. (2018). Sikap Suwa Terhadap Pelajaran Fiska di SMAN Kabupaten Baranghan JIPF https//dos org 10 16737 μρέν3.2694. Jurnal Ema Pendiarken 39.
Baharuddin. (2010). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727
Danim, S. (2003). Riset Keperawatan Sejarah dan Metodologi. Jakarta: EDC.
Farizi, K., A., dkk. (2023). Penggunaan Media Ajar Gambar 2D Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Topik Ekologi. Jurnal Edu-Sains Volume 12 No 1, 33-43.
Joneska, A., Astalini, & Susanti, N. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Dan Index Card Match Pada Materi Cahaya Kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari. Jurnal EduFisika, 1(1), 28-31.
Jufrida, Fibrika Rahmat Basuki, Miko Danu Pangestu & Nugroho Asmara Djati Prasetya. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA Di SMP Negeri 1 Muaro Jambi.
Putri, A. (2018). “Hubungan lingkungan pendidikan dan cara belajar terhadap hasil belajar siswa SMK se-Kabupaten Bekasi”. Journal of Multidisciplinary Research and Development 1(2):136–145.
Safari. (2003). Indikator Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadameia Group.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.