Analisis Pengaruh Penggunaan Chatbot sebagai Asisten Pembelajaran AI terhadap Motivasi Belajar Siswa
Kata Kunci:
chatbot, motivasi siswa, pengguna chatbot, pembelajaran AIAbstrak
Studi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan chatbot sebagai asisten pembelajaran AI terhadap motivasi belajar siswa. Chatbot semakin dikenal sebagai alat potensial dalam pendidikan untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa. Studi ini menggunakan desain eksperimen dengan menggunakan uji T sebagai metode analisis data. Sampel terdiri dari dua kelompok, satu kelompok yang menggunakan chatbot dalam pembelajarannya dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan chatbot. Hasil uji T menunjukkan bahwa kelompok yang menggunakan chatbot mengalami peningkatan signifikan dalam motivasi belajar dibandingkan dengan kelompok kontrol. Penelitian ini menunjukkan bahwa chatbot dapat efektif sebagai alat motivasi dalam konteks pendidikan, dengan implikasi potensial untuk diterapkan dalam pengembangan strategi pembelajaran yang lebih berorientasi pada siswa di masa depan.
Referensi
A. Setiawan(2023), “Penggunaan Chat GPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis,” J. PETISI (Pendidikan Teknol. Informasi), vol. 4, no. 1, pp. 49–58, doi: 10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680.
U. K. A. Alfi Yuni Mustika , dkk(2024) “Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Dalam Proses Kegiatan Belajar di Mata Kuliah IPA Dasar Mahasiswa Pendidikan IPA,” Universitas Negeri Semarang. [Online]. Available: https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/analis/article/view/703
A. Zein, (2023) “Dampak Penggunaan ChatGPT pada Dunia Pendidikan,” JITU J. Inform. Utama, vol. 1, no. 2, pp. 19–24, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.astinamandiri.com/index.php/jitu/article/view/151
Z. M. Hanif,(2021) “Pengembangan Aplikasi Whatsapp Chatbotuntuk Pelayanan Akademikdi Perguruan Tinggi,” [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/37445%0A%0A
N. A. R. Alya Resti Saraswati, dkk,(2023) “Analisis Pengaruh ChatGPT Terhadap Tingkat Kemalasan Berpikir Mahasiswa ITS Dalam Proses Pengerjaan Tugas,” J. Penelit. Bid. Bisnis, pp. 2(4) 152-160,
A. Yuni Mustika et al.,(2024) “Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Dalam Proses Kegiatan Belajar di Mata Kuliah IPA Dasar Mahasiswa Pendidikan IPA Universitas Negeri Semarang,” J. Anal., vol. 3, no. 1, pp. 112–122, [Online]. Available: http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/Analis
R. A. R. Velda Aurelia Putri, dkk(2023)“Peran Artificial Intelligence dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya,” [Online]. Available: https://proceeding.unesa.ac.id/index.php/sniis/article/view/840%0A%0A
A. Alam,(2021) “Possibilities and Apprehensions in the Landscape of Artificial Intelligence in Education,” Int. Conf. Comput. Intell. Comput. Appl., pp. 1–8.
D. I. S. Juhdan Abdullah Muarif, dkk(2023)“Hubungan Perkembangan Teknologi Ai Terhadap Pembelajaranmahasiswa,”[Online]. Available: https://doi.org/10.572349/seroja.v1i2.548
E. K. Fikri,(2023)“Penggunaan Media Chatbot Dalam Model Pembelajaran Direct Instruction Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 7 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023),” Universitas Siliwangi. [Online]. Available: http://repositori.unsil.ac.id/10467/
S. Rifky,(2024)“Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Pendidikan Tinggi. Indonesian,” J. Multidiscip. Soc. Technol., pp. 2(1), 37–42., [Online]. Available: https://doi.org/10.31004/ijmst.v2i1.287