Penerapan Literasi Sains Dalam Pembelajaran Fisika Di Era Society 5.0
Kata Kunci:
era society 5.0; literasi sains; pembelajaran fisikaAbstrak
Pada era society 5.0, literasi adalah salah satu kebutuhan bagi setiap manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang berpusat pada manusia yang berkolaborasi yang tidak terlepas dari teknologi. Salah satu literasi yang penting di era ini adalah literasi sains. Penerapan literasi sains bisa dilakukan melalui pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan literasi sains dalam pembelajaran fisika sehingga berguna dalam meningkatkan mutu persaingan dunia dalam pendidikan di era society 5.0. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan informasi dan data dari berbagai material kepustakaan seperti buku, artikel, penelitian sebelumnya, catatan serta jurnal yang berhubungan dengan penerapan literasi sains pada pembelajaran fisika di era society 5.0. Pembelajaran fisika dapat dijadikan sebagai proses, produk, sikap dan teknologi. Pembelajaran fisika yang dapat mencapai literasi sains adalah pembelajaran yang sesuai dengan hakikat pembelajaran fisika. Salah satu keterampilan yang dibutuhkan di era society 5.0 adalah keterampilan literasi sains. Antara era society 5.0 dan literasi sains memiliki tujuan yang sama dalam menjawab segala tantangan kehidupan bermasyarakat dan meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan
Referensi
Angraini, G. (2014, October). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Kelas X di Kota Solok. In mathematics and sciences forum 2014.
Ariastika, D. (2022, May). Penerapan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ipa Dalam Menghadapi Kesiapan Pendidikan di Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.
Bond, D. (1989). In pursuit of chemical literacy: A place for chemical reactions. Journal of Chemical Education, 66(2), 157.
Gultepe, N., & Kilic, Z. (2015). Effect of Scientific Argumentation on the Development of Scientific Process Skills in the Context of Teaching Chemistry. International Journal of Environmental and Science Education, 10(1), 111-132.
Handayani, N. N. L., & Muliastrini, N. K. E. (2021, October). Membangun Scientific Literacy Menuju Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (pp. 37-44).
Hidayat, K., Kade, A., & Haeruddin, H. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) menggunakan bahan ajar berbasis E-Materi terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas X SMAN 1 Biromaru. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 1(3), 23-31.
Holbrook, J., & Rannikmae, M. (2007). The nature of science education for enhancing scientific literacy. International Journal of science education, 29(11), 1347-1362.
Indrawati. (2011). Modul Model-Model Pembelajaran. Jember: FKIP Universitas Jember.
Khoiriah, M., & Kholiq, A. (2019). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbantuan E-book Literasi Sains pada Materi Fluida Dinamis. Inovasi Pendidikan Fisika, 08(03), 779–783.
Mawardini, A., Permanasari, A., & Sanjaya, Y. (2015, October). Profil literasi sains siswa SMP pada pembelajaran IPA terpadu tema pencemaran lingkungan. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 4, pp. SNF2015-IV).
Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi sains peserta didik dalam pembelajaran ipa di indonesia. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3(1), 61-69.
Putra, H. H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains SMP Kelas VII Kurikulum 2013 di Kota Padang. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.
Putra, I. G. D. D., Saputra, I. M. G. N., & Wardana, K. A. (2021). Paradigma Pendidikan Abad 21 Di Masa Pandemi Covid-19 (Tantangan Dan Solusi). PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2).
Putri, H. K., & Mahardika, I. K. (2016). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing disertai Teknik Peta Konsep dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 321-326.
Sasikirana, V., & Herlambang, Y. T. (2020). Urgensi Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Society 5.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(2).
Sujarwanto, E. (2019). Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penyelesaian Masalah dalam Pembelajaran Fisika. Diffraction, 1(1).
Utami, R. (2020). Integrasi Kurikulum di Indonesia dalam Menghadapi Era Society 5.0. Proceeding IAIN Batusangkar, 1(3), 213-218.
Wiyono, K., Setiawan, A., Paulus, C., & Liliasari, L. (2012). Model Multimedia Interaktif Berbasis Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pendahuluan Fisika Zat Padat. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8, 74–82