Pengaruh Pembelajaran Berbasis Inquiry dan Faktor Usia serta Motivasi terhadap Hasil Belajar Mahasiswa UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Kata Kunci:
Hasil belajar, Inquiry, Motivasi.Abstrak
Hasil belajar mahasiswa dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan pembelajaran berbasis inquiry, serta untuk mengetahui apakah adanya pengaruh faktor usia dan motivasi terhadap hasil belajar mahasiswa. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa tadris kimia yang dibelajarkan dengan struktur atom pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tadris kimia UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addry Padangsidimpuan dengan jumlah mahasiswa 23 orang. Analisis instrumen penelitian dan uji hipotesis penelitian ini menggunakan program SPSS 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa meningkat dengan pembelajaran inquiry dan faktor usia dan motivasi tidak ada mempengaruhi hasil belajar mahasiswa dimana Sig. (2-tailed) > α (0.938 > 0.05) dan (0.513 > 0.05) artinya hipotesis ditolak dengan tingkat signifikan 5%.
Referensi
Alfirahmi,., & Andromeda. (2018). Pengembangan Modul Termokimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Eksperimen untuk Kelas XI SMA/MA. MENARA Ilmu. Vol.12(12)
Aswita,. Rusman., dan Ratu, F.I.R. 2018. Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Memahami Materi Termokimia dengan Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument di MAN Model Banda Aceh. Jurnal Ilmiah MahasiswaPendidikan Kimia. 2(1),34-44
Budiariawan, I.P.(2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. 3(2), 103-111
Gbollie, C., & Keamu, H.P. (2017). Student Academic Perfrmance: The Role of Motivation, Strategies, and Perceived Factors Hindering Liberian Junior and Senior High School Students Learning.Education Research International, 1(1), 1-11
Hamalik,O.(2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Lathifah, M.F., Hidayati, B.N., & Zulandri. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. 4(2), 25-30
Prasetya, A.T., Priatmoko, S., & Miftakhudin. (2008). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer dengan pendekatan Chemo-Edutainment Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 2(2), 287-293
Riani, B., Endang, B., dan Suharti. 2016. Instrumen Pembelajaran Siswa SMK pada Materi Termokimia Menggunakan Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) Berbantuan Kartu Masalah. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM. 1(2), 558-567
Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sukarni., Hakim, A., & Loka, I.N. (2019). Studi Komparasi Keterampilan Proses Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Materi Termokimia Pada Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Gerung Tahun Ajaran 2017/2018. Indonesian Journal of STEM Education.Vol.1(2)
Werang, B.R. (2018). Investigating Student’s Learning Motivation in Indonesian Higher Institution: A Study from Musamun University of Merauke, Papua. International Journal of Development and Sustainability.7(3), 1038-1048.
Wulandari, D.R., & Ismono. (2019). Development of Student Activity Sheet Based Guided Inquiry to Exercising Science Process Skills in Themochemistry Matter XI Grade of SMAN 2 Kota Mojokerto. Unesa Journal of Chemistry Education. Vol.8(2), 57-62