LITERATURE REVIEW: EFEKTIVITAS MUSIK LATAR DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA

Penulis

  • Ken Vigo Hantanto Universitas Prima Indonesia
  • Yusuf Steven Hutabarat Universitas Prima Indonesia
  • Palma Juanta Universitas Prima Indonesia
  • Devin Wilfred Solo Universitas Prima Indonesia
  • Felicia Felicia Universitas Prima Indonesia
  • Felicia Felicia Universitas Prima Indonesia
  • Alvin Sebastian Universitas Prima Indonesia
  • Natasya Gevira Sofa Universitas Prima Indonesia
https://doi.org/10.58466/adidaya.v1i2.1577

Kata Kunci:

Konsentrasi Belajar,Musik,Efektivitas Musik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas musik latar dalam meningkatkan konsentrasi belajar mahasiswa melalui studi literature review. Hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa musik latar dapat meningkatkan konsentrasi. Artikel pertama menggunakan metode Pretest Posttest Control Group Design dan menemukan perbedaan signifikan dengan nilai t hitung (3,100) lebih besar dari t tabel (2,145). Artikel keempat menggunakan Quasi Eksperimental dan uji Wilcoxon Signed Rank Test, menunjukkan perbedaan signifikan (p = 0,000). Artikel ketujuh, menggunakan metode kualitatif, melaporkan 83,3% siswa setuju bahwa musik membantu fokus. Namun, artikel kedelapan mencatat musik latar dapat meningkatkan mood tetapi juga meningkatkan beban kognitif. Kesimpulannya, musik latar, terutama yang ber-tempo lambat dan instrumental, efektif meningkatkan konsentrasi belajar. Variasi efektivitas disebabkan preferensi musik dan konteks belajar. Mahasiswa dan pendidik disarankan menggunakan musik latar yang sesuai dengan kebutuhan individu

Referensi

A. P. Herdianti, K. Rawita, R. Suta, and P. Aulia, “Efektivitas Nature Music Theraphy Terhadap Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa,” Observasi: Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi, vol. 2, no. 3, pp. 165–175, 2024.

C. D. Andita and D. Desyandri, “Pengaruh penggunaan musik terhadap konsentrasi belajar anak sekolah dasar,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 1, no. 3, pp. 205–209, 2019.

D. A. Rahmawati, “Perbandingan tingkat konsentrasi belajar anak sekolah dasar dilihat dari kebiasaan makan pagi,” BELIA: Early Childhood Education Papers, vol. 3, no. 1, 2014.

D. Salim, “Pengaruh musik terhadap konsentrasi belajar siswa kelas 2 SMUK 1 Salatiga,” 2010.

F. Deskawaty and A. V. Zhafira, “Efektivitas terapi musik instrumental terhadap tingkat kecemasan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Riau Kepulauan dalam menyusun skripsi,” Zona Kedokteran: Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Batam, vol. 13, no. 2, pp. 342–349, 2023, doi: https://doi.org/10.37776/zked.v13i2.1174.

I. Zamil, “Pengaruh musik dan lingkungan belajar terhadap siswa,” Jurnal PPKn & Hukum, vol. 11, no. 2, pp. 149–160, 2016.

L. I. Izzah, “Pengaruh Mendengarkan Musik Terhadap Mood Belajar Pada Mahasiswa Manajemen Dakwah Uin Suska Riau,” Nathiqiyyah, vol. 3, no. 1, pp. 38–43, 2020, doi: . https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v3i1.82.

M. Muslimah and W. Apriani, “The effect of listening to music on concentration and academic performance of the students: Cross-selectional on English education college students,” Perception, vol. 3, no. 1, 2020, doi: http://dx.doi.org/10.20527/jetall.v3i1.7779.

N. Waas, P. Studi, S.-1 Seni, M. Jurusan, M. Fakultas, and S. Pertunjukan, “PENGARUH MUSIK TERHADAP KENYAMANAN MEMBACA MAHASISWA DI PERPUSTAKAAN ISI YOGYAKARTA NASKAH PUBLIKASI ILMIAH Oleh,” 2016.

P. H. Merdekawati, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MUSIK KLASIK SEBAGAI PENGIRING PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD PANGUDI LUHUR YOGYAKARTA,” 2018.

Pristiyani Devi, Yani Idris, and Bahri Ahmad Syamsul, “Perbandingan Terapi Musik Instrumental dan Musik Klasik Terhadap Penuruanan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Program Studi Keperawatan Universitas Sahid Surakarta,” 2017, Accessed: Aug. 01, 2024. [Online]. Available: repository.usahidsolo.ac.id

R. Indrawati, “EFEKTIVITAS MENDENGARKAN MUSIK RELAKSASI TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN AKADEMIK SISWA SMA NEGERI 3 GOWA DAN SISWA SMA NEGERI 1 LAPPARIAJA SEBELUM MENGHADAPI UJIAN,” 2018.

Saifaturrahmi Hidaya, “PENGARUH MUSIK KLASIK TERHADAP DAYA TAHAN KONSENTRASI DALAM BELAJAR,” 2011. Accessed: Aug. 01, 2024. [Online]. Available: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1185

Syaidatul Izam, “Pengaruh Musik terhadap Kenyamanan Belajar Pengguna di Perpustakaan MIS Lamgugob Banda Aceh,” 2016. Accessed: Aug. 01, 2024. [Online]. Available: https://repository.arraniry.ac.id/id/eprint/4001

Y. Apriyani, “Pengaruh terapi murottal terhadap konsentrasi belajar siswa kelas v sd muhammadiyah 2 pontianak,” ProNers, vol. 3, no. 1, 2015, doi: https://doi.org/10.28918/jupe.v6i2.229.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-16

Cara Mengutip

Vigo Hantanto, K. ., Steven Hutabarat, Y., Juanta, P., Wilfred Solo, D. ., Felicia, F., Felicia, F., Sebastian, A. ., & Gevira Sofa, N. . (2024). LITERATURE REVIEW: EFEKTIVITAS MUSIK LATAR DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA. ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1(2), 18-23. https://doi.org/10.58466/adidaya.v1i2.1577

Terbitan

Bagian

Artikel