IMPLEMENTASI METODE TALAQQI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN PESERTA DIDIK MTS DI BEKASI

Penulis

  • Athiyah Azzahro Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatunnajah
  • Ade Sumirah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatunnajah
  • Marwah Dhinda Annisa Sholehah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatunnajah

DOI:

https://doi.org/10.58466/r9eqd324

Kata Kunci:

Metode Talaqqi, Membaca Al-Qur’an, Penelitian Tindakan Kelas, MTs

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode talaqqi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik MTs di Bekasi. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an secara tartil pada peserta didik, khususnya terkait ketepatan makhraj, penerapan hukum tajwid, dan kelancaran membaca, sehingga diperlukan metode pembelajaran yang sistematis dan interaktif. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart, dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas MTs yang mengikuti pembelajaran membaca Al-Qur’an, sedangkan data dikumpulkan melalui observasi, tes membaca Al-Qur’an, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus, kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik masih rendah, dengan banyak kesalahan makhraj dan tajwid. Setelah penerapan metode talaqqi pada siklus I, terjadi peningkatan kemampuan membaca, namun belum sepenuhnya memenuhi kriteria ketuntasan. Pada siklus II, penerapan metode talaqqi yang lebih terstruktur dan penguatan koreksi bacaan menghasilkan peningkatan signifikan; rata-rata nilai membaca Al-Qur’an mencapai kategori baik dengan persentase ketuntasan 85%. Penelitian ini membuktikan bahwa metode talaqqi efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an serta keaktifan dan kepercayaan diri peserta didik. Disarankan kepada guru untuk secara rutin menerapkan metode talaqqi dalam pembelajaran Al-Qur’an, dan penelitian selanjutnya dapat mengevaluasi dampak jangka panjang metode ini terhadap hafalan Al-Qur’an dan pengembangan karakter religius peserta didik.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

[1] Jaafar, D. Irawan, F. Firdaus, And U. Akem, “Teacher’s Strategy In Improving Students’ Al-Qur’an Reading Ability,” Al-Kayyis J. Islam. Educ., Vol. 3, No. 1, Pp. 44–52, 2025.

[2] A. M. Yuhana, M. A. Annaoval, And S. Anwar, “Pengaruh Metode Talaqqi Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri: The Influence Of The Talaqqi Method On Students’al-Qur’an Reading Ability,” Edusifa J. Pendidik. Islam, Vol. 9, No. 3, Pp. 165–183, 2023.

[3] A. Setiawan, Z. Hartati, And S. Luthfi, “Implementasi Metode Talaqqi Pada Pembelajaran Al-Qur’an,” J. Pai Raden Fatah, Vol. 7, No. 3, Pp. 303–310, 2025.

[4] A. Supriatna, “Effectiveness Of Al-Qur’an Based Learning To Improve Students’ Spiritual Literacy In Islamic Elementary Schools,” J. Mod. Islam. Stud. Civiliz., Vol. 3, No. 01, Pp. 17–30, 2025.

[5] D. Hermina, “Penelitian Tindakan Kelas,” J. Ris. Multidisiplin Edukasi, Vol. 2, No. 6, Pp. 727–743, 2025.

[6] D. R. H. E. Mulyasa, “Praktik Penelitian Tindakan Kelas,” 2020.

[7] D. R. H. W. Sanjaya, Penelitian Tindakan Kelas. Prenada Media, 2016.

[8] I. Tamher And Suripto, “Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Membaca Al-Quran Di Sd Negeri 1 Pucungkidul Boyolangu Tulungagung,” Logosfera J., Vol. 1, No. 1, Pp. 92–107, 2025, [Online]. Available: Https://Ejournal.Staimta.Ac.Id/Index.Php/Logosfera/Article/View/765/424.

[9] M. Hanafi And S. Pohan, “Enhancing Quranic Literacy: The Role Teacher And Parental Involvement In Quran Learning,” Fikrotuna J. Pendidik. Dan Manaj. Islam, Vol. 13, No. 2, Pp. 189–202, 2024.

[10] M. K. Rozaq And P. Nugroho, “Increasing Literacy In Reading The Qur’an Hadith In Class Ix Students Through The Application Of The Talaqqi Method At Mtsn 1 Kudus,” J. Mudarrisuna Media Kaji. Pendidik. Agama Islam, Vol. 14, No. 2, 2024.

[11] M. Muslih And M. F. Basri, “Implementasi Metode Langsung (Tharīqah Mubāsyarah) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Peserta Didik Mts Di Kabupaten Bekasi,” Pubmedia J. Penelit. Tindakan Kelas Indones., Vol. 3, No. 1, Pp. 1–16, 2025.

[12] R. Hidayat, A. Luviadi, And A. E. Putra, “Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahsinul Qur’an Di Pondok Pesantren Ahmad Dahlan Candipuro,” Al-Mau’izhoh J. Pendidik. Agama Islam, Vol. 6, No. 1, Pp. 596–601, 2024.

[13] R. N. Suciani, N. L. Azizah, I. O. Gusmaningsih, And R. A. Fajrin, “Strategi Refleksi Dan Evaluasi Penelitian Tindakan Kelas,” J. Kreat. Mhs., Vol. 1, No. 2, Pp. 114–123, 2023.

[14] S. Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-25

Terbitan

Bagian

Artikel

Cara Mengutip

IMPLEMENTASI METODE TALAQQI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN PESERTA DIDIK MTS DI BEKASI. (2025). ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan Dan Sosial Budaya, 2(3), 155-165. https://doi.org/10.58466/r9eqd324

Artikel Serupa

1-10 dari 39

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.