PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG AKTIVITAS PEMANFAATAN SDA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK SQ3R PADA SISWA KELAS V SDN GLAGAHARUM
Kata Kunci:
Model Pembelajaran SQ3R pada mata pembelajaran IPSAbstrak
Model pembelajaran SQ3R pada prinsipnya merupakan singkatan dari langkah-langkah mempelajari teks, yang meliputi: Pertama, Survey yakni memeriksa atau meneliti atau mengidentifikasi seluruh teks. Kedua, Question, yakni menyusun daftar pertanyaan yang relevan dengan teks. Ketiga, Read, yakni membaca teks secara aktif untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah tersusun. Keempat, Recite, yakni menghafal setiap jawaban yang telah ditemukan. Kelima, Review, yakni meninjau ulang seluruh jawaban atas pertanyaan yang tersusun pada langkah ke dua dan ketiga, kami melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan judul sebagai berikut: “Peningkatan hasil belajar IPS tentang aktivitas pemanfaatan SDA melalui pembelajaran kooperatif teknik S3QR pada siswa kelas IV SDN Glagaharum Kecamatan Porong Tahun Pelajaran 2023/2024, yang berfokus pada Bagaimana aktivitas siswa kelas VI SDN Glagaharum Kecamatan Porong dalam pelaksanaan metode pembelajaran teknik S3QR tentang aktivitas pemanfaatan SDA serta penerapan metode pembelajaran teknik S3QR dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV tentang aktivitas pemanfaatan SDA di SDN Glagaharum Kecamatan Porong
Referensi
Arikunto, S., dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara, Jakarta
Budimansyah. 2004. Belajar Kooperatif Model Penyelidikan Kelompok dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas V SD. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program studi pendidikan Bahasa dan Sastra SD, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Budiningsih, A. 2005. Metode Pembelajaran Konstruktivitistik. Penerbit Phibeta, Jakarta.
Degeng, I.N.S. 1997. Strategi Pembelajaran Mengorgansasi Isi dengan Model Kolaborasi. Penerbit IKIP, Malang.
Degeng, Nyoman, S., 2000, Teori Belajar dan Pembelajaran, Bahan Penaaran Applied Approach, Malang: LP3UM.
Depdiknas, 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dirjen PMPTK, Jakarta
Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Dirjen PMPTK, Jakarta.
Depdiknas. 2005. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Laksana Mandiri, Jakarta.
Dirjen Dikdasmen. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Bahan Penataran untuk Instruktur. PPPG EKONOMI dan PMP, Malang
Dirjen PMPTK. 2007. Sosialisasi KTSP, Pembelajaran Siswa Aktif. Dirjen PMPTK, Jakarta.
Ibrahim, M., dkk. 2002. Pembelajaran Kooperatif. Penerbit Universitas Negeri Surabaya.
Madya, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas Bagian I, II, III. Jakarta: Dirjen PMPTK.
Maimunah. 2005. Pembelajaran Volume Bola dengan Belajar Kooperatif Model GI pada Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Mulyasa, E. 2007. Profesionalisme Guru. Jakarta: Dirjen PMPTK.
Mustaji & Sugiarso, 2005, Pembelajaran Berbasis Kontekstual. Penerbit Unesa University Press.,Surabaya
Nur, M. & Wikandari ,P.R. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Peserta Didik Dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Unesa Universiity Press, Surabaya.
Nur, M., 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Unesa University Press, Surabaya.
Nurhadi dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual Dan Penerapannya Dalam KBK. Universitas Negeri, Malang.
Pujawan, I. G. N. 2005. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Metode SQ3R dalam Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja. No. 3:343-358.
Riyanto, M. 2000. Pendekatan dan Metode Pembelajaran. Malang :PPPG IPS dan PMP, .
Sahertian, P.1992. Supervisi Pendidikan. Malang : IKIP
Supandi. 2005. Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode GI untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 2 Trawas Mojokerto. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Syah, M. 1997. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka
Winataputra, Udin, S. 2001. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.