PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB MELALUI MEDIA FLASHCARD DAN PERMAINAN BENAR SALAH PADA SISWA KELAS I SD

Penulis

  • Hana Indah Milati STIT Hidayatunnajah Bekasi
  • Balqis Addurrunnafisa STIT Hidayatunnajah Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.58466/1xt4t558

Kata Kunci:

Kosakata, Bahasa Arab, Flashcard, Permainan Benar Salah

Abstrak

Pembelajaran bahasa Arab di sekolah dasar memiliki peran penting, namun masih menghadapi kendala rendahnya penguasaan kosakata dan antusiasme belajar siswa akibat penggunaan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab melalui penerapan media flashcard dan permainan benar-salah pada siswa kelas I SD. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SD, dengan pengumpulan data melalui tes lisan, observasi aktivitas belajar, dokumentasi, dan catatan refleksi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media flashcard dan permainan benar-salah mampu meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab serta meningkatkan keaktifan dan antusiasme siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan terlihat dari keterlibatan siswa yang lebih aktif, respons yang lebih cepat, serta suasana kelas yang lebih kondusif dan menyenangkan pada siklus berikutnya. Dengan demikian, media flashcard dan permainan benar-salah efektif digunakan sebagai strategi pembelajaran kosakata bahasa Arab bagi siswa sekolah dasar.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

[1] F. Fathoni, “Pentingnya Penguasaan Bahasa Arab Bagi Pendakwah,” Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, vol. 8, no. 1, pp. 140–152, 2021.

[2] A. Ilhami, “Implikasi Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia,” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 7, no. 2, pp. 605–619, 2022.

[3] M. Fauziddin and M. Fikriya, “Mengenal Kosakata Bahasa Arab melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah yang Dilengkapi Kosakata,” Journal for Education Research, vol. 1, no. 1, pp. 46–54, 2020.

[4] N. N. S. Rohmah, M. D. Wilandari, and Darsinah, “Teori Perkembangan Jean Piaget dan Implikasinya Dalam Perkembangan Anak Sekolah Dasar,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 8, no. 12, pp. 230–239, 2022, doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.6944543.

[5] N. H. Rahman, A. Mayasari, O. Arifudin, and I. W. Ningsih, “Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab,” Jurnal Tahsinia (Jurnal Karya Umum dan Ilmiah), vol. 2, no. 2, pp. 99–106, 2021.

[6] K. Nisa, E. Cahyani, and A. A. Nafi, “Model Pembelajaran Game Based Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab,” Kilmatuna : Journal of Arabic Education, vol. 4, no. 1, pp. 1–8, 2024, doi: 10.55352/pba.v4i1.

[7] H. Susilo, H. Chotimah, and D. Y. Sari, Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing), 2022.

[8] M. R. Pahleviannur et al., Penelitian tindakan kelas. Pradina Pustaka, 2022.

[9] J. S. Bruner, Toward a theory of instruction. The Belknap Press of Harvard University Press, 1966. [Online]. Available: https://www.scribd.com/document/760169940/Bruner-J-S-1966-Toward-a-Theory-of-Instruction-Cambridge-MA-Harvard-University-Press

[10] H. Gardner, Frames of mind: The theory of multiple intelligences. Basic Books, 2011.

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-21

Terbitan

Bagian

Artikel

Cara Mengutip

PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB MELALUI MEDIA FLASHCARD DAN PERMAINAN BENAR SALAH PADA SISWA KELAS I SD. (2025). ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan Dan Sosial Budaya, 2(3), 148-154. https://doi.org/10.58466/1xt4t558

Artikel Serupa

1-10 dari 25

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.