IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PENDIDIKAN INDONESIA: KAJIAN LITERATUR

Penulis

  • Dewi Syafriana Universitas Negeri Medan
  • Berlinda Dwi Purnama Dawolo Universitas Negeri Medan
  • Leli Andriani Butar Butar Universitas Negeri Medan
  • Nuraina Batubara Universitas Negeri Medan
  • Sriwindi Silitonga Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.58466/adidaya.v2i3.1965

Kata Kunci:

Kurikulum Merdeka, implementasi, pendidikan Indonesia, kajian literatur, Pelajar Pancasila

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Kurikulum Merdeka dalam pendidikan Indonesia melalui pendekatan kajian literatur. Kurikulum Merdeka merupakan kebijakan pendidikan terbaru yang menekankan pembelajaran berbasis kompetensi, diferensiasi, dan penguatan profil Pelajar Pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan menelaah artikel ilmiah, buku, regulasi, serta laporan penelitian terkini yang terbit antara tahun 2020–2025. Hasil kajian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui fleksibilitas perencanaan, pemberdayaan guru, serta pengembangan karakter siswa. Namun demikian, implementasinya masih menghadapi berbagai tantangan, seperti kesiapan tenaga pendidik, keterbatasan sarana prasarana, serta kesenjangan kualitas antar satuan pendidikan. Artikel ini berkontribusi dalam memberikan gambaran komprehensif mengenai dinamika pelaksanaan Kurikulum Merdeka sekaligus menawarkan rekomendasi penguatan kapasitas guru, pemerataan fasilitas, dan penguatan monitoring serta evaluasi agar kebijakan ini dapat berjalan efektif. Dengan demikian, kajian literatur ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi akademisi, praktisi pendidikan, dan pembuat kebijakan dalam merumuskan strategi implementasi yang lebih optimal.

 

Referensi

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02

Fahrina & Putra. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Arini: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 101–115.

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2043

Hartati & Nurhadi. (2024). Kendala Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah. Jurnal Kajian Kurikulum, 10(1), 77–92.

Hasbiuán, H. Y. (2023). Ethnoscience as the policy implementation of Kurikulum Merdeka di Indonesia. Jurnal PPIPA, 9(8). https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.4500

Istighfarin, A., Aini, D. N., & Khudin, M. (2024). Sosialisasi Anti-Bullying dengan metode kreatif sebagai upaya peningkatan pemahaman dan perilaku baik siswa di MI Muhammadiyah Kota Madiun. Jurnal Pengabdian Indonesia, 1(3).

Kemdikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Kemdikbudristek.

Kemendikbud. (2024). Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah. Permendikbud Ristek Nomor 12 Tahun 2024, 1–26.

Kementerian Sekretariat Presiden. (2022). Tantangan dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. KSPSTENDIK.

Nugroho, M. R., Ayuningsih, F., Malikah, S., & Murtiyasa, B. (2023). Manajemen pembelajaran matematika pada Kurikulum Merdeka. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(2), 1–27. https://doi.org/10.24036/attadib.v7i2.1

Prada Destina Rahmadani, Diny Honggo Jati, & Elia Ayu Pratama. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka: Meningkatkan Sistem Pendidikan Indonesia? JISMA: Journal of Information Systems and Management, 3(2), 1–4.

Puspitasari. (2023). Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka: Perspektif Teori Pembelajaran Kontemporer. Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(3), 150–165.

Santoso, G., Damayanti, A., Murod, M., & Imawati, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui literasi proyek penguatan profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 2(1), 84–90.

Sari, D. K., & Nurcahyo, R. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Event Organizer Berbasis Digital Marketing. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 10(1), 45–55.

Yuliani. (2022). Kesiapan Guru dalam Menghadapi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 233–245.

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-02

Terbitan

Bagian

Artikel

Cara Mengutip

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PENDIDIKAN INDONESIA: KAJIAN LITERATUR. (2025). ADIDAYA : Aplikasi Pendidikan Dan Sosial Budaya, 2(3), 134-141. https://doi.org/10.58466/adidaya.v2i3.1965

Artikel Serupa

1-10 dari 25

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.