Peningkatan Keterampilan Pemahaman Calistung Pada Anak Rumah Literasi Ranggi

Penulis

  • Felisa Jauzarafa Universitas Sumatera Utara
  • Agus Suriadi Universitas Sumatera Utara
  • Fajar Utama Ritonga Universitas Sumatera Utara
https://doi.org/10.58466/literasi.v4i2.1531

Kata Kunci:

Anak, Calistung, Kesejahteraan Sosial, Individu, Literasi

Abstrak

Calistung (baca, tulis, hitung) merupakan keterampilan dasar yang sangat penting bagi anak-anak SD karena menjadi pondasi utama pendidikan. Menguasai calistung membantu mengembangkan kemampuan kognitif, komunikasi, dan belajar mandiri. Selain itu, calistung meningkatkan rasa percaya diri, mempersiapkan anak untuk kehidupan sehari-hari, dan masa depan profesional. Pendidikan calistung juga berperan dalam mengurangi ketimpangan pendidikan. Oleh karena itu, perhatian khusus dari pendidik dan orang tua dalam mengajarkan calistung sejak dini sangat diperlukan untuk mendukung perkembangan akademis dan personal anak. Dalam melaksanakan Praktik Kerja Lapangan penulis yang dilaksanakan di Rumah Literasi Ranggi, penulis menemui beberapa case anak yang mengalami keterlambatan dalam calistung. Sehingga penulis dalam masa PKL nya mendampingi dan memfasilitasi anak dalam mempelajari calistung. Dengan tujuan  untuk meningkatkan keterampilan dasar, memperkuat kepercayaan diri, mengembangkan keterampilan kognitif, memfasilitasi adaptasi ke pendidikan formal, meningkatkan keterampilan sosial dan emosional, mendukung perkembangan motorik halus, serta menyesuaikan pendekatan pembelajaran. Dengan mencapai tujuan-tujuan ini, anak-anak tersebut akan lebih siap mengikuti pendidikan lanjutan dan berfungsi lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.

Referensi

Dina Mayadiana Suwarma, Misbahul Munir,Desna Ayu Wijayanti, Mauritz Pandapotan Marpaung, Pius Weraman, I Putu Agus Dharma Hita. Pendampingan Belajar Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung dan Motivasi Belajar. Communnity Development Journal Vol 4, No.2 Juni 2023, Hal.1234-1239.

Dwi Istiyani. Model Pembelajaran Membaca Menulis Menghitung (Calistung). Jurnal Penelitian Vol. 10, No. 1, Mei 2023 Hal. 1-18

Fajar, Agus, & Mia. (2022). Buku Panduan Praktik Kerja Lapangan 1&2. Medan : Fakultas

Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.

Fakhrul Jannah Putri Ayuni, Sri Watini. Implementasi Model Atik dalam Pembelajran Literasi Baca Anak Usia Dini di Rumah Calistung Abaca Kediri. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol. 8 No. 3 Hal 1641-1650 DOI prefix 10.37905

Isbandi, A. (2019). Kesejahteraan Sosial (Pekerjaan, Pembangunan Sosial, dan Kajian

Pembangunan). Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Nabila Nurul Nadya, Rizka Harfianti. Upaya Meningkatkan Calistung Pada Anak Usia 5-8 Tahun dengan Menggunakan Strategi Belajar Seraya Bermain. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 4 No. 2 Hal 853-864 DOI 10.375985/murhum.v4i2.346

Nina Rahayu. Pembelajaran Calistung Pada Anak Usia Dini. Journal of Islamic Early Childhood Education Vol. 1 No. 2 Hal 58-63. DOI :10.32505/atfaluna.v1i2.922

Yenny Aulia Rachman. Mengkaji Ulang Kebijakan Calistung Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat. Vol 2, No 1 Hal 14-22

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-01

Cara Mengutip

Jauzarafa, F., Suriadi, A. ., & Utama Ritonga, . F. . (2024). Peningkatan Keterampilan Pemahaman Calistung Pada Anak Rumah Literasi Ranggi. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 4(2), 147-152. https://doi.org/10.58466/literasi.v4i2.1531

Terbitan

Bagian

Artikel