Bimbingan Teknis Peliputan Berita Dan Pengelolaan Website

Penulis

  • Syafrul Irawadi Institut Sains dan Bisnis Atmaluhur
  • Maya Saftari Institut Sains dan Bisnis Atmaluhur
  • Yuni Iswanto Institut Sains dan Bisnis Atmaluhur
  • Ahmad Rosydian M Institut Sains dan Bisnis Atmaluhur
  • Sariman Sariman Institut Sains dan Bisnis Atmaluhur
https://doi.org/10.58466/literasi.v1i2.1301

Kata Kunci:

Bimbingan Teknis, Bawaslu, Website, Peliputan Berita.

Abstrak

Bawaslu Propinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai badan pengawas pemilu yang ada di propinsi Bangka Belitung juga mengganggap penting untuk memberikan informasi dan pengelolaan website dengan benar. Untuk itu, Bawaslu bekerjasama dengan perguruan tinggi dan pemerintah mengadakan bimbingan teknis dan pelatihan bagi pengelola pemberitaan dan website guna meningkatkan kemampuan pengelola. Pelatihan dan bimbingan teknis ini melibatkan para narasumber yang ahli dibidangnya  yang berasal dari berbagai instansi. STMIK Atma Luhur sebagai perguruan tinggi mengakomodasi kegiatan pelatihan dengan melibatkan tim pengabdian kepada masyarakat (PKM). Tim PKM terdiri dari 3 orang dosen dan 2 orang mahasiswa.  Kegiatan berlangsung pada tanggal 7 Desember 2019 yang bertempat di Grand Vella Hotel Bangka. Peserta pelatihan berasal dari  7 kabupaten/kota dengan masing-masing kabupaten mengirimkan 3 orang perwakilan dari Bawaslu kabupaten/kota. Kegiatan pelatihan dimulai dari pagi hingga sore hari. Metode dalam kegiatan PKM ini adalah pelatihan dan bimbingan teknis dengan metode ceramah dari para narasumber. Dalam pelaksanaan kegiatan selain materi yang diberikan, juga diadakan kegiatan praktek untuk mendemonstrasikan  cara pengelolaan website dengan baik dan teknis-teknis peliputan berita untuk memberikan informasi yang baik dan benar. Hasil evaluasi kegiatan bimbingan  dan praktek yang dilakukan, diketahui bahwa peserta mendapatkan ilmu dan pengetahuan yang dapat meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan pemberitaan dan website Bawaslu.

Referensi

Ahmad, A. (2012). Perkembangan Teknologi Komunikasi Dan Informasi: Akar Revolusi Dan Berbagai Standarnya. Jurnal Dakwah Tabligh, 13(1):137-149.

Risnandar, I, dkk. (2015). Website Development fundamental: Fitur, layout & Operasional lebih Maju. Edisi kedua. Bandung: Nuansa Cendekia.

Simamora, H. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi kedua, Yogyakarta : STIE YKPN.

Tambak, S. (2014). Metode Ceramah: Konsep Dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, 21(2): 375- 401.

Wardah, M. (2017). Pengelolaan Website Sebagai Media Informasi Publik Bagian Humas Dan Informasi Pemerintah Kota Pekanbaru. JOM FISIP, 4(1): 1- 15.

Zainal, A. (2011). Website Super Keren Dengan WordPress 3.X. Edisi Pertama. Jakarta: Mediakita

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-25

Cara Mengutip

Irawadi, S., Saftari, M. ., Iswanto, Y. ., Rosydian M, A. ., & Sariman, S. (2021). Bimbingan Teknis Peliputan Berita Dan Pengelolaan Website. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 1(2), 98-102. https://doi.org/10.58466/literasi.v1i2.1301

Terbitan

Bagian

Artikel