Pelatihan Aplikasi E-Learning “MojadiPro” Berbasis Android untuk Siswa SMK IT Raflesia Depok

Penulis

  • Agus Subekti Universitas Nusa Mandiri
  • Zico Pratama Putra agus@nusamandiri.ac.id
  • Dwiza Riana Universitas Nusa Mandiri
  • Hilman Ferdinandus Pardede Universitas Nusa Mandiri
https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i1.1194

Kata Kunci:

Pelatihan, Pembelajaran Online, Aplikasi Seluler, Android

Abstrak

SMK IT Raflesia Depok merupakan salah satu sekolah menengah atas yang berada di wilayah Kota Depok dimana saat ini telah memiliki website yang digunakan sebagai media informasi dan komunikasi, namun belum menyediakan layanan bahan ajar secara online. Selain mendapatkan materi pelajaran dari sekolah, biasanya siswa masih mencari materi tambahan dengan mengikuti kelas privat. Dengan perkembangan teknologi yang telah berkembang di bidang pendidikan, maka akses materi pelajaran dapat dilakukan secara online, atau yang biasa disebut e-learning. Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Nusa Mandiri menyelenggarakan pelatihan aplikasi e-learning “MojadiPro” berbasis android untuk siswa SMK IT Raflesia Depok yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai adanya aplikasi e-learning MojadiPro, yang nantinya dapat digunakan oleh siswa sebagai aplikasi pendamping belajar yang bisa diakses melalui smartphone. Pelatihan telah terselenggara pada tanggal 14 Januari 2023 di UNM Kampus Margonda dengan peserta berjumlah 15 orang. Hasil penelitian dapat meningkatkan pemahaman peserta mengenai perkembangan e-learning dari masa ke masa dan teknologi yang digunakan dalam pembangunan platform e-learning.

Referensi

Aidah. S. (2019). Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran di STIA Al Gazali Barru (Suatu Studi terhadap Pemanfaatan Model E-Learning Berbasis Software Claroline). Meraja Journal, 2(1), 1–12. Retrieved from https://merajajournal.com/index.php/mrj/article/view/20/17

Andini, T. D., Afiyah, S. N., & Fitria, V. A. (2018). Perancangan Dan Implementasi eLearning Pada Mata Kuliah Bidang Matematika Untuk Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika. INTEGER: Journal of Information Technology, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31284/j.integer.2018.v3i1.139

Husain, B., & Basri, M. (2021). Pembelajaran E-learning di Masa Pandemi. Surabaya: Pustaka Aksara.

Husnussaadah. (2021). Strategi Pembelajaran E-learning di Era Digitalisasi. Iqra: Jurnal Magister Pendidikan Islam, 1, 10–16. https://doi.org/10.26618/iqra

Mujianto, A. H., Mashuri, C., Permadi, G. S., Putra, R. A. Y., & Putri, U. S. (2021). Pembelajaran E-Learning dengan LMS Schoology. Magetan: CV. AE MEDIA GRAFIKA. Retrieved from https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-01

Cara Mengutip

Subekti, A., Pratama Putra, Z. ., Riana, D. ., & Ferdinandus Pardede, H. . (2023). Pelatihan Aplikasi E-Learning “MojadiPro” Berbasis Android untuk Siswa SMK IT Raflesia Depok. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 3(1), 374-378. https://doi.org/10.58466/jurnalpengabdianmasyarakatdaninovasi.v3i1.1194

Terbitan

Bagian

Artikel