Pelatihan Pemasaran Digital Produk Perikanan di Desa Sungai Kupah, Kabupaten Kubu Raya

Penulis

  • Fitra Wira Hadinata Universitas Tanjungpura
  • Kelvin Andika Hutasoit Universitas Tanjungpura
  • Hesti Hesti Universitas Tanjungpura
  • Theresia Theresia Institut Sains dan Teknologi Muhammadiyah Tarakan
  • Nabil Zurba Universitas Teuku Umar Aceh
https://doi.org/10.58466/literasi.v4i1.1598

Kata Kunci:

Budidaya Ikan, Pemasaran Digital, Teknologi Pemasaran

Abstrak

Di Desa Sungai Kupah terdapat kelompok Pembudidaya Ikan terbagi dalam beberapa bidang kegiatan, yaitu budidaya ikan lele, budidaya ikan nila, dan budidaya ikan gabus. Setiap bidang kegiatan terdiri dari 5 -10 orang. Budidaya ikan dilakukan pada kawasan berdekatan dengan kegiatan budidaya tanaman sayuran. Pemeliharaan ikan secara tradisional dengan menggunakan keramba tancap. Jumlah kolam yang dikelola ada 15 unit dengan luas kolam kurang lebih 1 ha. Ikan yang produktivitasnya tinggi yaitu ikan nila dengan produksi 3 ton/tahun, kemudian karper, patin, lele, dan gurame dengan produksi tidak menentu. Permasalahan yang dihadapi oleh kelompok pembudidaya ikan Desa Sungai Kupah sampai saat ini yaitu kurangnya kemampuan dan pengetahuan terhadap teknologi pemasaran. Pemasaran ikan hasil panen hanya dijual secara langsung ke masyarakat sekitar atau ke penjual ikan pengecer di pasar terdekat. Hasil budidaya ikan yang didapat dirasa masih belum maksimal baik dari jumlah produksi dan keuntungan hasil penjualan. Saat pemanenan, tidak semua hasil  produksi ikan segar dapat terserap oleh pasar. Target pemasaran hingga kini hanya terfokus kepada pemenuhan kebutuhan masyarakat sekitar lokasi dan pasar lokal. Terjadi peningkatan pengetahuan tentang pemahaman konsep pembuatan website sebesar 80%. Menurut informasi dari peserta metode pembuatan website dirasakan lebih mudah ketika mencoba secara langsung, hanya saja membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Sebelumnya tidak ada masyarakat yang memahami metode penjualan berbasis digital melalui website, setelah dilaksanakan pelatihan, terjadi pengingkatan sebesar 100% perubahan keterampilan.

Referensi

Bucko, J., Kakalejčík, L., Ferencová, M., & Wright, L. T. (2018). Online shopping: Factors that affect consumer purchasing behaviour. Cogent Business & Management, 5(1), 1535751. https://doi.org/10.1080/23311975.2018.1535751

Harahap, D. A., & Aminah, D. (2018). Perilaku belanja Online di Indonesia: Studi Kasus. JRMSI -Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193–213. https://doi.org/10.21009/JRMSI

Harding., dawn Diadiyono, A. L. (2018). Pelatihan dawn Pengembangan SDM Sebagai Salah Satu Upaya Menjawab Tantangan MEA. Jurnal Psikologi Sains Dan Profesi, 2(2), 185–192

Sudrajat. (2015). Mengenal Lahan Sawah dan Memahami Multi Fungsinya Bagi Manusia dan Lingkungan. Yogyakarta. ID: UGM Press.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-03

Cara Mengutip

Wira Hadinata, F. ., Andika Hutasoit, K., Hesti, H., Theresia, T., & Zurba, N. . (2024). Pelatihan Pemasaran Digital Produk Perikanan di Desa Sungai Kupah, Kabupaten Kubu Raya . Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 4(1), 91-95. https://doi.org/10.58466/literasi.v4i1.1598

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama