Lembar Kerja Peserta Didik dengan Pendekatan Pemecahan Masalah
Kata Kunci:
Fluida; Lembar kerja peserta didik; Pemecahan masalahAbstrak
Lembar kerja peserta didik dengan pendekatan pemecahan masalah adalah alat pembelajaran yang berfungsi sebagai panduan kegiatan belajar untuk peserta didik dengan langkah-langkah sistematis untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan analitis. Lembar kerja peserta didik pemecahan masalah ini membantu peserta didik memahami materi, melatih keterampilan, dan mendukung proses belajar secara mandiri maupun kelompok. Studi ini bertujuan untuk mengetahui kualitas lembar kerja peserta didik dengan pendekatan pemecahan masalah pada materi fluida yang valid dan praktis. Pengembangan produk dilakukan dengan desain penelitian 4D yang terdiri (1) define, (2) design, (3) develop, dan (4) disseminate. Hasil studi menunjukkan validasi lembar kerja peserta didik dengan pendekatan pemecahan masalah diperoleh nilai reliabilitas 1 dengan kategori layak. Persentase respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik diperoleh nilai sebesar 83,0 % yaitu kategori sangat setuju
Referensi
Astutik, S., Mahardika, I. K., Indrawati, Sudarti, & Supeno. (2020). HOTS student worksheet to identification of scientific creativity skill, critical thinking skill and creative thinking skill in physics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1465(1), 012075. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1465/1/012075
Cahya, A. R. H., Syamsuri, S., Santosa, C. A., & Mutaqin, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.30656/gauss.v5i1.4016
Gitriani, R., Aisah, S., Hendriana, H., & Herdiman, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.40-48
Haifaturrahmah, H., Hidayatullah, R., Maryani, S., Nurmiwati, N., & Azizah, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis STEAM untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 310–318. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2604
Ince, E. (2018). An Overview of Problem Solving Studies in Physics Education. Journal of Education and Learning, 7(4), 191. https://doi.org/10.5539/jel.v7n4p191
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644
Riyati, I., & Suparman, S. (2019). Design student worksheets based on problem-learning to enhance mathematical communication. Asian Journal of Assessment in Teaching and Learning, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.37134/ajatel.vol9.no2.2.2019
Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Ruslan. 2009. Validitas Isi.Pa’bbiritta (ISSN : 1829 – 6334). Makassar : LPMP Sulawesi Selatan
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: kencana
Yalyn, D., Sari, D. A. P., & Widodo, W. (2022). The implementation of student worksheets based on problem-based learning to improve students science process skill. Jurnal Pijar Mipa, 17(5), 569–576. https://doi.org/10.29303/jpm.v17i5.3710
Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi aksara